10 - 30 Oktober 2025
Judul Tugas : Poster Analisis Integrasi Nasional
Tema: Memetakan Ancaman dan Peluang Integrasi
Nasional di Era Kontemporer
Bentuk Tugas: Poster Analisis (Format A2 atau A1)
Deadline: 30 Oktober 2025
Presentasi: Mini-Expo Kelas
1. Tujuan Pembelajaran Khusus
Setelah menyelesaikan tugas ini, mahasiswa mampu:
- Mengidentifikasi dan menganalisis minimal
3 (tiga) ancaman aktual dan 3 (tiga) peluang strategis bagi integrasi
nasional Indonesia.
- Memetakan hubungan
kausal antara ancaman dan peluang tersebut.
- Menyajikan analisis
secara visual, efektif, dan informatif dalam bentuk poster.
- Mempresentasikan temuan
analisis kepada rekan sejawat dalam forum mini-expo.
2. Petunjuk Pengerjaan
- Kelompok: Tugas
dikerjakan secara berkelompok (setiap kelompok beranggotakan 5 orang).
- Riset: Lakukan
studi pustaka dengan merujuk pada minimal 2 (dua) jurnal ilmiah dan
2 (dua) sumber tepercaya (buku, laporan lembaga resmi, atau artikel media
yang kredibel) untuk mendukung analisis.
- Struktur
Poster: Poster harus memuat elemen-elemen berikut:
- Judul
yang Provokatif dan Relevan
- Bagian
1: Peta Konsep/Klasterisasi Ancaman. Visualisasikan berbagai
ancaman integrasi nasional (misalnya: radikalisme, disinformasi,
kesenjangan ekonomi, konflik SARA, dll.) dan jelaskan hubungan atau
dampak berantainya.
- Bagian
2: Peta Konsep/Klasterisasi Peluang. Visualisasikan berbagai
peluang untuk memperkuat integrasi (misalnya: digitalisasi, peran
generasi muda, diplomasi kebhinekaan, kebijakan afirmatif, dll.).
- Bagian
3: Analisis Jembatan (Bridging Analysis). Pilih satu ancaman
utama dan satu peluang utama. Analisis bagaimana peluang tersebut dapat
dimanfaatkan untuk menangkal atau memitigasi ancaman yang dipilih. Bagian
ini adalah inti dari analisis.
- Kesimpulan
dan Rekomendasi Aksi: Berikan ringkasan dan rekomendasi aksi
nyata bagi pemerintah, masyarakat sipil, atau generasi muda.
- Referensi: Tuliskan
sumber referensi yang digunakan dengan format yang rapi (contoh: APA
Style).
- Identitas
Kelompok: Nama anggota dan NIM.
3. Aspek Penilaian
- Kedalaman
& Akurasi Analisis (40%): Kejelasan dalam mengidentifikasi
dan menganalisis ancaman & peluang, serta kualitas argumen yang
disajikan.
- Kualitas
Visual & Desain Poster (30%): Kerapihan, kreativitas,
kemudahan dibaca, dan efektivitas komunikasi visual.
- Kualitas
Presentasi (20%): Kemampuan menyampaikan ide dengan jelas,
lancar, dan menjawab pertanyaan selama mini-expo.
- Referensi
dan Kerjasama Kelompok (10%): Kesesuaian dan kecukupan referensi,
serta pembagian tugas yang adil.
TEMPLATE POSTER (Konsep Visual)
Berikut adalah template konseptual yang dapat dijadikan
panduan desain oleh mahasiswa.
(HEADER POSTER - Background gradient Merah-Putih atau
ilustrasi peta Indonesia yang disatukan oleh benang-benang warna-warni)
Judul Utama (Font Besar & Menarik):
INTEGRASI NASIONAL 2024: MEMETAKAN JALUR RETAK, MERAJUT JALAN BERSAMA
Sub-judul (Font Lebih Kecil):
Sebuah Analisis Visual atas Ancaman Disintegrasi dan Peluang Pemersatu Bangsa
(BAGIAN 1: SEBELAH KIRI POSTER - Gunakan ikon dan warna
"warning" seperti oranye/merah)
πΊ️ PETA ANCAMAN
DISINTEGRASI
(Gunakan diagram jejaring (network diagram) atau peta
mental yang saling terhubung)
- π
ANCAMAN IDEOLOGI & POLITIK
- Polarisasi
Ekstrem: Dampak hoaks & ujaran kebencian di media sosial.
- Radikalisme: Eksklusivisme
berbasis identitas agama/etnis.
- Erosi
Wawasan Kebangsaan pada generasi muda.
- π
ANCAMAN EKONOMI & SOSIAL
- Kesenjangan
Ekonomi Antar-Daerah: Ketimpangan pusat-daerah.
- Konflik
Agraria & SDA: Perebutan sumber daya.
- Intoleransi
& Diskriminasi SARA dalam kehidupan sehari-hari.
- π
ANCAMAN TEKNOLOGI & INFORMASI
- Disinformasi
Massal: Mempercepat polarisasi dan merusak kohesi sosial.
(BAGIAN 2: SEBELAH KANAN POSTER - Gunakan ikon dan warna
"optimistis" seperti hijau/biru)
π
PETA PELUANG PEMERSATU
(Gunakan diagram yang menunjukkan kekuatan yang
menyatu/konvergen)
- π‘
PELUANG IDEOLOGI & BUDAYA
- Ketahanan
Nilai Pancasila: Sebagai common platform.
- Kekuatan
Budaya Lokal & Seni: Sebagai media perdamaian.
- Gerakan
Literasi Digital untuk melawan hoaks.
- π‘
PELUANG EKONOMI & PEMBANGUNAN
- Pemerataan
Infrastruktur & Dana Desa: Memperkecil kesenjangan.
- Ekonomi
Kreatif Berbasis Kearifan Lokal: Mendorong kolaborasi.
- SDM
Muda yang Inovatif & Melek Teknologi.
- π‘
PELUANG TEKNOLOGI & KONEKTIVITAS
- Media
Sosial untuk Kampanye Toleransi & Persatuan.
- Teknologi
untuk Pendidikan Jarak Jauh yang inklusif.
(BAGIAN 3: TENGAH POSTER - Bagian "Jembatan"
dengan ilustrasi jembatan yang menghubungkan dua sisi)
π ANALISIS JEMBATAN: DARI
ANCAMAN MENUJU SOLUSI
PILIH KASUS:
"Mitigasi Ancaman DISINFORMASI dengan Peluang LITERASI DIGITAL"
- ANCAMAN: Gelombang
hoaks di media sosial memecah belah masyarakat.
- PELUANG: Generasi
muda yang melek teknologi dan platform media sosial itu sendiri.
- STRATEGI
JEMBATAN:
- Edukasi: Membuat
konten kreatif (infografis, video pendek) yang membongkar hoaks dan
mempromosikan nilai-nilai kebhinekaan.
- Kolaborasi: Bersama
dengan influencer dan komunitas online untuk kampanye #MelawanHoaks.
- Regulasi
& Dukungan: Mendorong kampus dan pemerintah membuat pusat
respon cepat (rapid response) terhadap konten berbahaya.
(BAGIAN 4: BAWAH POSTER)
π KESIMPULAN &
REKOMENDASI AKSI NYATA
Integrasi nasional adalah proyek bersama yang dinamis.
Ancaman nyata, namun peluang untuk memperkuat persatuan juga terbuka lebar.
Rekomendasi Kami:
- Untuk
Pemerintah: Perkuat regulasi pro-perdamaian dan dukung gerakan
literasi digital di semua tingkat pendidikan.
- Untuk
Masyarakat Sipil & Kampus: Jadilah "narasumber
perdamaian" dan agen penjaga fakta di ruang digital.
- Untuk
Generasi Muda: Manfaatkan kreativitas dan keterampilan digital
untuk menjadi *"Social Media Warriors" yang
mempromosikan persatuan.
Referensi:
- [Nama
Jurnal 1, Tahun] - Tentang dampak media sosial terhadap polarisasi.
- [Nama
Jurnal 2, Tahun] - Tentang efektivitas pendidikan multikultural.
- LIPI.
(2020). Laporan Survei Kohesi Sosial.
- [Sumber
Tepercaya Lainnya]
Disusun Oleh:
[Nama Anggota 1] - [NIM]
[Nama Anggota 2] - [NIM]
[Nama Anggota 3] - [NIM]
[Nama Anggota 4] - [NIM]
[Nama Anggota 5] - [NIM]
Kelas: [Kelas]
#IntegrasiNasional #AncamanDanPeluang #PosterAnalisis
#KitaBersatu
No comments:
Post a Comment