Wednesday, December 17, 2025

Tugas Terstruktur 13

Laporan Mini Studi Lapangan

Dinamika Otonomi Daerah dan Pelayanan Publik

1. Deskripsi Tugas

Mahasiswa secara berkelompok (3-4 orang) diwajibkan melakukan studi lapangan atau wawancara mendalam dengan pejabat daerah (OPD/Dinas, Kantor Camat, atau Anggota DPRD) untuk memetakan tantangan, inovasi, dan dinamika pelaksanaan otonomi daerah di wilayah tertentu.

2. Tujuan Instruksional

  • Menganalisis sinkronisasi kebijakan pusat dan daerah secara faktual.
  • Mengidentifikasi kendala birokrasi dan anggaran dalam pelaksanaan desentralisasi.
  • Mengembangkan kemampuan riset kualitatif dan komunikasi profesional mahasiswa.

 

3. Komponen Laporan (Struktur Penulisan)

Laporan disusun dalam format Paper Ilmiah Populer dengan sistematika sebagai berikut:

A. Pendahuluan

  • Profil singkat daerah lokus studi.
  • Alasan pemilihan narasumber/instansi.
  • Rumusan masalah (Contoh: "Bagaimana efektivitas Dana Alokasi Khusus di Dinas Kesehatan Kota X?").

B. Metode Studi

  • Waktu dan tempat pelaksanaan.
  • Identitas narasumber (Jabatan dan instansi).
  • Teknik pengumpulan data (Wawancara/Observasi/Dokumentasi).

C. Hasil dan Pembahasan (Inti Tugas)

  • Implementasi Kebijakan: Sejauh mana daerah memiliki keleluasaan mengatur urusan tersebut?
  • Analisis Desentralisasi Fiskal: Dari mana sumber pendanaan utama kegiatan tersebut (PAD atau Transfer Pusat)?
  • Kendala Lapangan: Apakah ada tumpang tindih regulasi (norma, standar, prosedur, kriteria) antara pusat dan daerah?
  • Inovasi Daerah: Adakah terobosan lokal yang diciptakan untuk memecahkan masalah masyarakat?

D. Refleksi Mahasiswa

  • Bandingkan hasil wawancara dengan teori otonomi daerah yang ada di Modul. Apakah terjadi kesenjangan (gap) antara regulasi (Das Sollen) dan kenyataan (Das Sein)?

E. Lampiran

  • Transkrip singkat wawancara.
  • Foto kegiatan studi lapangan.
  • Surat keterangan telah melaksanakan wawancara.

4. Instrumen Wawancara (Pedoman Pertanyaan)

Berikut adalah daftar pertanyaan inti yang wajib dikembangkan mahasiswa:

  1. Apa saja kewenangan utama yang paling dirasakan manfaatnya oleh instansi Bapak/Ibu sejak berlakunya otonomi daerah?
  2. Bagaimana koordinasi antara Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Pusat/Provinsi dalam hal pelaporan dan sinkronisasi program?
  3. Apa tantangan terbesar dalam pengelolaan anggaran daerah (APBD) terkait pemenuhan kebutuhan masyarakat lokal?
  4. Apakah ada peraturan dari pusat yang dirasa menghambat fleksibilitas daerah dalam berinovasi?
  5. Menurut Bapak/Ibu, apa syarat utama agar otonomi di daerah ini bisa berjalan lebih optimal di masa depan?

 

5. Rubrik Penilaian (Total 100 Poin)

Kriteria

Bobot

Deskripsi Penilaian

Kualitas Analisis

40%

Ketajaman dalam mengaitkan hasil wawancara dengan teori desentralisasi.

Kelengkapan Data

25%

Data narasumber valid, lampiran lengkap, dan informasi mendalam.

Sistematika Laporan

20%

Penulisan rapi, sesuai format, dan penggunaan bahasa Indonesia yang baik.

Etika & Orisinalitas

15%

Orisinalitas temuan di lapangan dan etika dalam melakukan wawancara.

 

6. Timeline Kegiatan

  • Minggu 1: Penentuan lokus studi dan perizinan.
  • Minggu 2: Pelaksanaan wawancara dan pengumpulan data lapangan.
  • Minggu 3: Pengolahan data dan penyusunan draf laporan.
  • Minggu 4: Presentasi hasil dan pengumpulan laporan final.



Draf

Surat Permohonan Izin Wawancara/Studi Lapangan

 

[KOP SURAT UNIVERSITAS / FAKULTAS]

Alamat: [Isi Alamat Kampus] | Telp: [Isi Nomor Telp] | Email: [Isi Email Kampus]

 

Nomor: [No. Surat Keluar/Prodi/Bulan/Tahun]

Perihal: Permohonan Izin Wawancara dan Studi Lapangan

Lampiran: 1 (satu) Berkas Outine Tugas/Pedoman Wawancara

Yth. [Nama Jabatan, Contoh: Kepala Dinas Kesehatan / Camat / Anggota DPRD] [Nama Instansi/Kabupaten/Kota] di Tempat

Dengan hormat,

Sehubungan dengan pemenuhan tugas akademik pada mata kuliah [Sebutkan Nama Mata Kuliah, contoh: Kewarganegaraan/Hukum Tata Negara], mahasiswa kami diwajibkan untuk melakukan pendalaman materi mengenai "Dinamika Otonomi Daerah dalam Bingkai NKRI" melalui studi lapangan dan wawancara dengan praktisi pemerintahan daerah.

Oleh karena itu, kami memohon kesediaan Bapak/Ibu untuk menerima mahasiswa kami guna melakukan observasi dan wawancara terkait implementasi kebijakan otonomi daerah di instansi yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun mahasiswa yang akan melaksanakan tugas tersebut adalah:

No

Nama Mahasiswa

NIM/NPM

1

[Nama Mahasiswa 1]

[NIM 1]

2

[Nama Mahasiswa 2]

[NIM 2]

3

[Nama Mahasiswa 3]

[NIM 3]

 

Fokus Wawancara:

  • Mekanisme sinkronisasi kebijakan antara pemerintah pusat dan daerah.
  • Tantangan dalam pengelolaan desentralisasi fiskal dan pelayanan publik.
  • Inovasi daerah dalam mengoptimalkan potensi lokal.

Kami menjamin bahwa data dan informasi yang diperoleh hanya akan digunakan untuk kepentingan akademik dan tidak akan disalahgunakan untuk kepentingan lain di luar koridor pendidikan.

Demikian permohonan ini kami sampaikan. Atas bantuan, kerja sama, dan kesediaan Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

[Kota], [Tanggal]

Ketua Program Studi / Dosen Pengampu,

(Tanda Tangan & Cap Basah)

([Nama Lengkap Dosen/Kaprodi]) NIP/NIDN: [Isi Nomor Induk]

 

Tips untuk Mahasiswa:

  1. Pakaian: Gunakan almamater atau pakaian formal (kemeja rapi) saat mendatangi kantor instansi.
  2. Konfirmasi: Hubungi bagian Humas atau Sekretariat instansi minimal 3 hari sebelum jadwal wawancara untuk memastikan ketersediaan waktu narasumber.
  3. Etika: Bawalah alat perekam (izin terlebih dahulu) dan buku catatan. Jangan lupa memberikan ucapan terima kasih secara formal setelah sesi berakhir.

 



 

No comments:

Post a Comment

Tugas Mandiri 13

Esai Reflektif Topik: "Mencari Titik Temu: Refleksi Tantangan Harmonisasi Kebijakan Pusat dan Daerah" 1. Deskripsi Tugas Mah...