Sunday, June 23, 2024

Peran Teknologi Informasi dalam Mendorong Globalisasi

 Tugas artikel persiapan UAS 

Nama : Diah Ayu Putri Ningsih (46123010021) (C25)

Dosen Pengampu Mata Kuliah : Bapak Atep Afia Hidayat, Ir. MP





Abstract

In the era of globalization that we are currently experiencing, the role of technology has become very important in driving the progress of Globalization. Technology has integrated the world into a more connected and interacting whole, breaking down geographical boundaries and opening up new opportunities for businesses and education to grow and compete on a global scale. Businesses must also consider sustainability impacts and ethical implications when adopting technology. The presence of information technology has made many changes in various fields and shaped the new characteristics of people's lives. Changes in behavior as a result of the emergence of new products from information technology.

Keywords: Technology, Globalization

 

Abstrak

Di era globalisasi yang sedang kita alami saat ini, peran teknologi telah menjadi sangat penting dalam mendorong kemajuan Globalisasi. Teknologi telah mengintegrasikan dunia menjadi satu kesatuan yang lebih terhubung dan berinteraksi, meruntuhkan batasan geografis serta membuka peluang baru bagi bisnis dan Pendidikan untuk berkembang dan bersaing di skala global. Dunia usaha juga harus mempertimbangkan dampak keberlanjutan dan implikasi etika Ketika mengadopsi teknologi. Hadirnya teknologi informasi telah membuat banyak perubahan dalam berbagai bidang dan membentuk karakteristik baru kehidupan masyarakat. Perubahan perilaku sebagai akibat munculnya produk-produk baru dari teknologi informasi.

Kata Kunci : Teknologi, Globalisasi

 

Pendahuluan

Hadirnya teknologi informasi telah membuat banyak perubahan dalam berbagai bidang dan membentuk karakteristik baru kehidupan masyarakat. Perubahan perilaku sebagai akibat munculnya produk-produk baru dari teknologi informasi.

Teknologi Informasi dan Komunikasi terdiri dari dua konsep yakni Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Menurut Puskur Kemendiknas (Rusman, 2011:88), “Teknologi Informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, pengelolaan, dan transfer atau pemindahan informasi antarmedia.” Sementara menurut kamus Oxford dijelaskan bahwa “Teknologi Informasi adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer untuk menyimpan, menganalisis data, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata-kata, bilangan, dan gambar.” (Rusman, 2011:88)

Kondisi masyarakat saat ini dapat digambarkan sebagai ‘Era Digital Darwinism’, yaitu evolusi masyarakat dan teknologi serta pengaruhnya pada perilaku, harapan, dan kebiasaan. Kecepatan pertumbuhan teknologi dan perilaku masyarakat berkembang lebih cepat daripada kemampuan organisasi/perusahaan untuk beradaptasi.

Seorang digital analyst Brian Solis, mengungkapkan istilah ini dalam artikelnya yang berjudul ‘The Rise of Digital Darwinism and the Fall of Business as Usual’. Dalam tulisannya Brian Solis mengungkapakan kemajuan teknologi saat ini telah mengubah banyak hal, mulai dari pengembangan produk, leadership and management system, business model, dan lain-lain. Banyaknya inovasi di segala bidang saat ini membuat perusahaan/organisasi seakan-akan berada di persimpangan, dan harus memutuskan akan beradaptasi pada perubahan ini atau tersingkir.

 

Permasalahan

Apa Peran Teknologi dalam Mendorong Globalisasi?

 

Pembahasan

Teknologi Informasi dan Komunikasi atau Information Communication and Technology (ICT) di era globalisasi saat ini sudah menjadi kebutuhan yang mendasar dalam mendukung efektifitas dan kualitas proses pendidikan. Isu-isu pendidikan di Indonesia seperti kualitas dan relevansi pendidikan, akses dan ekuitas pendidikan, rentang geografi, manajemen pendidikan, otonomi dan akuntabilitas, efisiensi dan produktivitas, anggaran dan sustainabilitas, tidak akan dapat diatasi tanpa bantuan TIK. Pendidikan berbasis TIK merupakan sarana interaksi manajemen dan administrasi pendidikan, yang dapat dimanfaatkan baik oleh pendidik dan tenaga kependidikan maupun peserta didik dalam meningkatkan kualitas, produktivitas, efektifitas dan akses Pendidikan.

Peranan Teknologi informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran selain membantu siswa dalam belajar adalah memiliki peranan yang cukup berpengaruh untuk pengajar terutama dalam pemanfaatan fasilitas untuk kepentingan memperkaya kemampuan mengajarnya. Peran utama TIK dalam proses pembelajaran menurut Indrajit (2011:32), pada dasarnya, terdapat 5 (lima) peranan TIK terkait dengan proses belajar mengajar yang terjadi dalam lingkungan kampus, masing-masing adalah

1.     TIK untuk mendukung aktivitas pembelajaran; 

2.     TIK untuk memberdayakan guru dan siswa;  

3.     TIK untuk mengelola asset intelektual;

4.     TIK untuk menunjang proses penelitian; dan

5.     TIK untuk mengembangkan berbagai produk pendidikan.

 

Peran dan fungsi teknologi informasi di era globalisasi dalam konteks yang lebih luas, yaitu dalam manajemen dunia pendidikan, berdasar studi tentang tujuan pemanfaatan TI di dunia pendidikan terkemuka di Amerika, Alavi dan Gallupe (2003: 87) menemukan beberapa tujuan pemanfaatan TI, yaitu : memperbaiki competitive positioning; meningkatkan brand image; meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengajaran; meningkatkan kepuasan siswa; meningkatkan pendapatan; memperluas basis siswa; meningkatkan kualitas pelayanan; mengurangi biaya operasi; dan mengembangkan produk dan layanan baru. Karenanya, tidak mengherankan jika saat ini banyak institusi pendidikan di Indonesia yang berlomba-lomba berinvestasi dalam bidang TI untuk memenangkan persaingan yang semakin ketat. Maka dari itu untuk memenangkan pendidikan yang bermutu maka disolusikan untuk memposisikan institusi pendidikan pada sel satu yaitu lingkungan peluang yang menguntungkan dan kekuatan internal yang kuat.

 

Kesimpulan

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam globalisasi telah membawa perubahan besar dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. TIK mendukung aktivitas pembelajaran, memberdayakan guru dan siswa, mengelola aset intelektual, menunjang penelitian, dan mengembangkan produk pendidikan. Di era globalisasi, TIK menjadi kebutuhan mendasar untuk meningkatkan kualitas, akses, dan efisiensi pendidikan di Indonesia.

 

Saran

1.     Tingkatkan Infrastruktur TIK: Meningkatkan infrastruktur teknologi untuk akses dan kualitas yang merata di seluruh wilayah.

2.     Pelatihan Guru : Berikan pelatihan berkelanjutan kepada guru untuk pemanfaatan TIK dalam pembelajaran.

3.     Kurikulum Berbasis TIK : Integrasikan TIK dalam kurikulum pendidikan untuk mempersiapkan siswa menghadapi kebutuhan masa depan.

4.     Inovasi Pembelajaran : Dorong penggunaan metode pembelajaran interaktif dan berbasis teknologi.

 


Daftar Pustaka

Euis Anih, Jurnal Pendidikan Unsika , `Modernisasi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2016

Indrajit, R. E. (2011). Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Era Globalisasi. Jak Indrajit, R. E. (2011). Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Era Globalisasi. Jakarta: Grasindo.arta: Grasindo.

 

 

 




No comments:

Post a Comment

PRESENTASI PANCASILA (13 DESEMBER 2024)