Friday, April 19, 2024

TUGAS PEKAN 5 : REVIEW VIDEO KEWARGANEGARAAN

Simak tayangan video dengan judul : Mengedepankan Etika dalam Pemerintahan,  melalui link https://www.youtube.com/watch?v=YEBx14N65bA

1. Simak konten video sampai selasai dan dapat dipahami dengan baik.

2.  Buat review (setelah Anda menyimak konten video, tuliskan pendapat/ovini Anda mengenai judul dan konten video tersebut) secara langsung pada kolom komentar di bawah video YouTube, lengkapi di bagian atas kolom komentar dengan  Nama Lengkap dan Kode Peserta. Contoh : Najwa Karomi, C31. (Bobot Nilai 50 %).

3. Copas hasil review Anda di kolom komentar Web-Blog Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, lengkapi di bagian atas kolom komentar dengan  Nama Lengkap dan Kode Peserta. Contoh : Najwa Karomi, C31. (Bobot Nilai 50 %).

4.  Periode pengerjaan tugas sampai hari Jum'at, 26 April 2024 (06.00 WIB).


65 comments:

  1. Khofipah Nur Parawangsa, B 26

    Menurut saya, video yang bapak sampaikan membahas betapa pentingnya menjalankan pemerintahan dengan cara yang etis. Beberapa elemen penting dari etika pemerintahan dibahas dalam video ini. termasuk integritas, akuntabilitas, transparansi, menghindari korupsi, pengambilan keputusan yang adil, pertanggungjawaban warga negara, perlindungan HAM, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan, pendidikan yang baik, dan kesejahteraan masyarakat. Dalam pidatonya, dia menekankan bahwa penerapan etika dalam pemerintahan membantu menciptakan lingkungan di mana keputusan dibuat dengan mempertimbangkan dampak mereka pada masyarakat secara keseluruhan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan bersama dan menghormati prinsip moral yang mendasari pemerintahan.

    ReplyDelete
  2. Ghefira Lintang Kinaryosi, B27

    Menurut saya, Etika dalam pemerintahan mencakup prinsip dan nilai moral yang menjadi pedoman tindakan Pejabat Pemerintah, serta proses pengambilan keputusan dan implementasi kebijakan.
    Penerapan etika ini penting untuk memastikan integritas, tanggung jawab, dan kesejahteraan bersama. Aspeknya meliputi integritas, akuntabilitas, transparansi, antikorupsi, keadilan, akuntabilitas publik, partisipasi publik, perlindungan hak asasi manusia, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup, pendidikan berkualitas serta kesejahteraan masyarakat. Penerapan etika ini memastikan bahwa keputusan pemerintah mempertimbangkan dampak keseluruhan terhadap kemajuan kolektif dan menghormati nilai-nilai moral.

    ReplyDelete
  3. Novita Dewi Adhi Nugroho, B30

    Diskusi ini mengupas etika dalam pemerintahan, termasuk prinsip moral, integritas, akuntabilitas, dan kesejahteraan bersama. Aspek pentingnya termasuk integritas dan kepemimpinan moral, akuntabilitas dan transparansi, penghindaran korupsi, keadilan dalam pengambilan keputusan, pertanggungjawaban terhadap warga negara, partisipasi publik, perlindungan HAM, pengelolaan sumber daya alam, pendidikan berkualitas, dan kesejahteraan masyarakat. Pentingnya menjaga sumber daya alam, memberikan pendidikan berkualitas, dan memperhatikan kesejahteraan masyarakat. Penerapan etika ini membantu menciptakan keputusan yang memperhitungkan dampaknya secara menyeluruh dan meningkatkan kesejahteraan, serta menghormati nilai-nilai moral. Dengan menerapkan etika ini, pemerintah dapat menciptakan keputusan yang memperhitungkan dampaknya secara menyeluruh, meningkatkan kesejahteraan bersama, dan menghormati nilai-nilai moral.

    ReplyDelete
  4. Karina Tri Hapsari, B28

    Dari video tersebut dapat diketahui bahwa etika dalam pemerintahan sangat penting untuk memastikan bahwa pemerintah bertindak dengan baik dan adil. Ada banyak hal yang harus diperhatikan, seperti integritas, akuntabilitas, mencegah korupsi, keadilan, dan perlindungan HAM. Etika ini melibatkan hal-hal seperti jujur, bertanggung jawab, tidak korupsi, adil, dan menjaga hak asasi manusia. Semua ini bertujuan untuk menciptakan kondisi yang baik bagi masyarakat agar semua orang bisa hidup dengan bahagia dan sejahtera.

    ReplyDelete
  5. Diah Ayu Putri Ningsih, C25

    Dari video tersebut, Masih banyak korupsi yang terjadi di pusat kota maupun daerah, banyak pejabat pejabat yang melakukan korupsi. Korupsi saat ini masih banyak yang belum tertangani, salah satu aspek belum tertangani adalah karna pengambilan keputusan pemerintah. Keputusan pemerintah harus didasarkan pada prinsip keadilan untuk menghindari diskriminasi dan memastikan bahwa kebijaksan dan program pemerintan dapat menguntungkan bagi seluruh masyarakat. Menjalankan pemerintahan adalah pertanggungjawaban terhadap warga negara, disini pemerintah memiliki kewajiban untuk memeberikan pelayanan publik yang baik dan memastikan bahwa kebutuhan semua warga terpenuhi. Kesejahteraan masyarakat di dalam pemerintahan mencakup komitmen terhadap pendidikan yang berkualitas. Jadi bukan sekedar bagaimana jumlah sekolah tapi juga menyangkut kualitas guru bagaimana juga menyangkut layanan kesehatan yang memadai dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

    ReplyDelete
  6. Assifa Cahya Kamila, C24

    Dari video tersebut, Penerapan etik dalam menjalankan pemerintahan menyoroti beberapa prinsip-prinsip moral, integritas, dan akuntabilitas. Mereka juga akan membahas pentingnya untuk menghindari korupsi, memastikan keadilan dalam mengambil suatu keputusan, dan juga bertanggung jawab terhadap warga negara. Selain itu juga perlindungan HAM, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan, serta berkomitmen terhadap suatu pendidikan yang berkualitas juga dibahas. Penerapan etika dalam pemerintahan sangat diharapkan dapat menciptakan suatu lingkungan yang memajukan kesejahteraan bersama dan juga menghormati nilai-nilai moral.

    ReplyDelete
  7. Syaikah Raihana, C23
    Dari video tersebut, etika dalam menjalankan pemerintahan adalah bahwa penerapan prinsip-prinsip moral dan nilai-nilai yang membimbing perilaku para pejabat pemerintahan sangatlah penting. Aspek-aspek seperti integritas, akuntabilitas, transparansi, penghindaran korupsi, keadilan dalam pengambilan keputusan, pertanggungjawaban terhadap warga negara, perlindungan hak asasi manusia, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan, serta komitmen terhadap pendidikan dan kesejahteraan masyarakat menjadi fokus utama dalam memastikan bahwa pemerintahan bertindak dengan integritas dan berusaha mencapai kesejahteraan bersama. Penerapan etika dalam menjalankan pemerintahan juga diharapkan dapat menciptakan lingkungan di mana keputusan-keputusan yang diambil mempertimbangkan dampaknya secara holistik terhadap masyarakat, dengan tujuan untuk memajukan kesejahteraan bersama dan menghormati nilai-nilai moral yang mendasari pemerintahan.

    ReplyDelete
  8. Fanda Bela Agustina, C22

    menurut saya, pentingnya etika dalam menjalankan pemerintahan dengan Integritas dan Kepemimpinan Moral, Akuntabilitas dan Transparansi, Penghindaran Korupsi, Keadilan dalam Pengambilan Keputusan, Pertanggungjawaban Terhadap Warga Negara, Partisipasi Publik, Perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM), Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Komitmen Terhadap Pendidikan dan Kesejahteraan Masyarakat. nilai-nilai inti etika yang harus dipegang oleh pemerintah dalam menjalankan tugasnya. Penerapan prinsip-prinsip ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan pemerintahan yang berintegritas, transparan, dan berpihak pada kepentingan serta kesejahteraan seluruh masyarakat. Evaluasi lebih lanjut perlu dilakukan untuk melihat implementasi konkret prinsip-prinsip ini dalam konteks politik dan pemerintahan Indonesia.

    ReplyDelete
  9. Prilly Divka Saputri, C
    Menurut saya, standar moral yang tinggi sangat diperlukan pemerintahan agar tetap bisa menjaga integritas dan akutabilitas untuk menghindari pejabat pemerintahan menggunakan kekuasaan demi kepentingan sendiri seperti : nepotisme dan korupsi.

    pengambilan keadilan juga berperan penting dalam etika pemerintahan, agar menjaga keadlian dalam segala lapis masyarakat negara.

    pertanggung jawaban atas keadaan dan kesejahteraan masyarakat sangat penting dalam etika pemerintahan. partisipasi publik adalah hal yang fundamental dalam negara demokrasi agar bisa menampung aspirasi masyarakat.

    ReplyDelete
  10. Siti Dalishya Hannan Putri Syuhada, B29

    Menurut saya, ringkasan dari video tersebut adalah integritas dan moralitas kepemimpinan, akuntabilitas, transparansi, dan keadilan dalam pengambilan keputusan adalah aspek kunci dari etika dalam pemerintahan. Hal ini juga melibatkan tanggung jawab terhadap warga negara, partisipasi publik, perlindungan hak asasi manusia, pengelolaan lingkungan, pendidikan berkualitas, dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Penerapan etika dalam pemerintahan bertujuan untuk mempertimbangkan dampak keputusan secara menyeluruh demi kemajuan bersama dan menghormati nilai-nilai moral.

    ReplyDelete
  11. Lutvia Haura Azizah Budiputri, B31

    Materi yang di bahas di dalam video yang bapak sampaikan yaitu,
    Etika dalam pemerintahan, termasuk integritas, akuntabilitas, penghindaran korupsi, keadilan dalam pengambilan keputusan, pertanggungjawaban terhadap kesejahteraan
    masyarakat, partisipasi publik, perlindungan
    HAM dan lingkungan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat. Penerapan etika
    bertujuan untuk memajukan kesejahteraan
    bersama dan menghormati nilai-nilai moral dalam pemerintahan.

    ReplyDelete
  12. Ramot Sihombing ,B09


    Menurut saya dari penjelasan bapaknya etika dalam menjalankan pemerintahan sangat penting karena melibatkan keputusan yang memengaruhi masyarakat secara luas. Nilai-nilai moral seperti keadilan, integritas, transparansi,korupsi dan kejujuran harus menjadi landasan dalam setiap keputusan dan tindakan pemerintah. Dengan memperhatikan etika, pemerintah dapat membangun kepercayaan masyarakat dan menciptakan lingkungan yang adil dan berkelanjutan.

    ReplyDelete
  13. Larasati Febriani 42322010031 (C10)

    Menurut saya, etika dalam pemerintahan merupakan pondasi yang sangat penting untuk membimbing perilaku pemerintahan dan institusi dalam proses pengambilan keputusan pelaksanaan kebijakan dan penyelenggaraan pemerintahan secara keseluruhan, serta memastikan bahwa pemerintahan harus bertindak dengan menyangkut aspek integritas, akuntabilitas dan transparansi, penghindaran korupsi, keadilan dalam pengambilan keputusan, pertanggungjawaban terhadap warga negara, partisipasi publik dalam pembentukan kebijakan, penghormatan dan perlindungan terhadap HAM, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan, serta komitmen terhadap pendidikan yang berkualitas, layanan kesehatan yang memadai dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini secara konsisten, pemerintah dapat memastikan bahwa kebijakan dan program yang dilaksanakan benar-benar menguntungkan dan menyejahterakan seluruh masyarakat.

    ReplyDelete
  14. Aziz Firmansyah, C19

    Menurut Saya, Video tersebut menjelaskan betapa pentingnya menjalankan pemerintahan dengan cara yang etis. Beberapa elemen penting dari etika pemerintahan yang di bahas di video ini, termasuk integritas, akuntabilitas, transparansi, menghindari korupsi, pengambilan keputusan yang adil, pertanggungjawaban warga negara, perlindungan HAM, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan, pendidikan yang baik, dan kesejahteraan masyarakat.
    Penerapan etika ini memastikan bahwa keputusan pemerintah mempertimbangkan dampak dari keseluruhan terhadap kemajuan kolektif.

    ReplyDelete
  15. Selina Lulu Arif, C20

    Menurut saya, video ini menekankan pentingnya tata kelola yang etis, dengan fokus pada kualitas seperti kejujuran, tanggung jawab, keterbukaan, pencegahan korupsi, pengambilan keputusan yang adil, akuntabilitas warga negara, hak asasi manusia, perlindungan lingkungan, pendidikan berkualitas, dan kesejahteraan masyarakat. Hal ini juga menekankan perlunya pemberantasan korupsi di pusat-pusat regional dan perkotaan, mengedepankan prinsip keadilan, dan menjamin pendidikan yang berkualitas, pelayanan publik, dan memenuhi kebutuhan semua orang. Video ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya di mana keputusan dibuat dengan mempertimbangkan kesejahteraan masyarakat dan prinsip-prinsip moral dijunjung tinggi melalui tata kelola yang etis.

    ReplyDelete
  16. Meilani Putri, C16


    Menurut saya, video tersebut menjelaskan tentang etika dalam pemerintahan memainkan peran penting dalam memastikan integritas, kepemimpinan moral, akuntabilitas, dan transparansi. Integritas dan kepemimpinan moral memastikan bahwa para pemimpin dan pejabat bertindak dengan jujur dan adil, memperkuat kepercayaan publik. Akuntabilitas memastikan bahwa mereka bertanggung jawab atas tindakan dan keputusan mereka, sementara transparansi memungkinkan masyarakat untuk memahami proses pengambilan keputusan dan memantau kebijakan pemerintah untuk kepentingan publik. Dengan menerapkan prinsip-prinsip etika ini, pemerintah dapat menjalankan tugasnya dengan lebih efektif dan mendapatkan dukungan yang lebih besar dari masyarakat

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Nabilah Salma Hakim, C14

    Menurut saya, dari video yang bapak sampaikan terdapat beberapa pembahasan yang di bahas di antara nya integritas, akuntabilitas, transparansi, menghindari korupsi, pengambilan keputusan yang adil, pertanggung jawaban warga negara, perlindungan ham, pengelola sda, lingkungan pendidikan yang baik, dan kesejahteraan masyarakat. Penerapan etika menjalankan pemerintahan juga di harapkan dapat menciptakan lingkungan dimana keputusan keputusan di ambil untuk mempertimbangkan dampaknya secara holistik terhadap masyarakat dengan tujuan memajukan kesejahteraan masyarakat

    ReplyDelete
  19. Muhammad Ferdyan Ramadhan,C12

    Pendapat saya,Etika dalam pemerintahan adalah prinsip moral dan pedoman tindakan pejabat serta kebijakan. Penting untuk menjaga integritas, tanggung jawab, dan kesejahteraan kolektif. Aspeknya meliputi: integritas, akuntabilitas, transparansi, antikorupsi, keadilan, akuntabilitas publik, partisipasi publik, hak asasi manusia, sumber daya alam dan lingkungan, pendidikan berkualitas, dan masyarakat kesejahteraan. Penerapan etika ini memastikan bahwa keputusan pemerintah mempertimbangkan dampak keseluruhan terhadap kolektif dan menghormati nilai moral.

    ReplyDelete
  20. Adelya Kuntum Khaerany, C15

    Video dengan judul "Mengedepankan Etika dalam Pemerintahan" merupakan sebuah materi yang penting dan relevan dalam konteks tata kelola pemerintahan yang baik. Etika dalam pemerintahan adalah landasan moral dan prinsip-prinsip yang mengatur perilaku para pemimpin dan birokrat dalam menjalankan tugas mereka. Ada beberapa aspek menyangkut etika dalam pemerintahan yaitu : Integritas, akuntabilitas, transparansi, antikorupsi, keadilan, akuntabilitas publik, partisipasi publik, hak asasi manusia, sumber daya alam dan lingkungan, pendidikan berkualitas, dan masyarakat kesejahteraan. Dengan Hal ini dapat membantu membangun kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah dan meningkatkan partisipasi publik dalam proses pembuatan kebijakan.

    ReplyDelete
  21. Nasywa Zahra Azizah, C32

    Menurut saya, topik etika dalam pemerintahan diperkenalkan dengan baik, menyoroti pentingnya prinsip-prinsip moral dalam mengarahkan perilaku pejabat dan proses keputusan. Pembahasan meliputi aspek-aspek kunci seperti integritas, akuntabilitas, penghindaran korupsi, dan partisipasi publik. Penerapan etika ini esensial untuk memastikan pemerintahan bertindak dengan integritas dan kesejahteraan bersama sebagai prioritas utama.

    ReplyDelete
  22. Raysa Alyaa Nadira, C18

    Pentingnya sikap etika dalam menjalankan pemerintahan, agar terciptanya nilai-nilai seperti integritas, akuntabilitas dan juga tercapainya kesejahteraan bagi rakyat Indonesia. Baik dari pemerintahan pusat maupun pemerintah daerah ada baiknya menghindari kepentingan dan konflik pribadi, juga berikap transparansi agar masyarakat bisa mempercayai pemerintah, namun pemerintah juga harus mempertanggung jawabkan segala tindakannya termasuk dalam melakukan tindakan korupsi yang dapat merugikan negara. Juga pemerintah harus berikap adil untuk semua lapisan masyarakat, tidak ada pihak yang merasa dirugikan dengan adanya kebijakan-kebijakan pemerintah. Pemerintah juga diharapkan dapat mengutamakan Hak Asasi Manusia (HAM) dalam segala aspek termasuk dalam menyampaikan aspirasi masyarakat. Kondisi lingkungan juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan, tidak merusak alam demi kepentingan pribadi maupun kelompok tertentu. Fasilitas pendidikan yang kurang memadai termasuk tenaga pendidik merupakan salah satu tugas pemerintah yang belum tuntas, sehingga diharapkan pemerintah dapat lebih memperhatikan para calon penerus bangsa.

    ReplyDelete
  23. Salwa Kamelia Putri, C34

    Pendapat saya, dalam penerapan etika pemerintah dapat menciptakan lingkungan atau kondisi di mana keputusan yang diambil dengan mempertimbangkan bagaimana dampaknya terhadap masyarakat secara holistik dengan tujuan untuk memajukan kesejahteraan bersama dan menghormati nilai-nilai moral. Dengan aspek yang menyangkut etika dalam pemerintahan yaitu integritas dan kepemimpinan moral, akuntabilitas dan transparan, penghindaran korupsi, menyangkut keadilan dalam pengambilan keputusan, pertanggung jawaban terhadap warga negara, HAM (Hak Asasi Manusia), pendidikan berkualitas dan kesejahteraan masyarakat.

    ReplyDelete
  24. Wahyu Ramadhani, C05

    Menurut saya, dari video tersebut menjelaskan tentang Mengedepankan etika dalam pemerintahan melibatkan integritas, transparansi, akuntabilitas, partisipasi masyarakat, pengembangan profesionalisme, dan pengawasan independen. Ini memastikan para pemimpin dan pejabat bertindak dengan jujur, terbuka, bertanggung jawab, dan mendorong partisipasi publik, sehingga membangun kepercayaan dan efektivitas dalam pelayanan public dengan tujuan memajukan kesejahteraan masyarakat.

    ReplyDelete
  25. Dafiq Anwaril Azhar, B06

    Menurut saya yang bapak sampaikan mengenai aspek tentang integritas, dengan penuh moral dengan penuh kebijaksanaan. Sehingga kepemimpinan moral sangat baik. Sehingga transparan dalam berdemokrasi sangat penting untuk dilaksanakan Sehingga menjadi baik sekali dalam demokrasi yang sehat dengan penuh integritas.

    ReplyDelete
  26. Nyoman Grahita Jyotisara,C13

    Etika dalam tata kelola pemerintahan mencerminkan prinsip-prinsip moral yang menjadi panduan bagi perilaku dan kebijakan pejabat. Hal ini sangat penting untuk memastikan keberlangsungan integritas, tanggung jawab, dan kesejahteraan bersama. Etika dalam konteks pemerintahan mencakup beragam aspek, termasuk kesetiaan pada prinsip-prinsip kejujuran, akuntabilitas, keterbukaan, penanggulangan korupsi, keadilan, partisipasi publik, perlindungan hak asasi manusia, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan, serta pemastian pendidikan dan kesejahteraan masyarakat. Penerapan prinsip-prinsip etika ini penting untuk memastikan bahwa keputusan pemerintah mempertimbangkan dampak yang luas dan memperhatikan nilai-nilai moral yang fundamental.

    ReplyDelete
  27. Nabilla Silvyani Gustoro, B19.

    Isi video tersebut menggarisbawahi pentingnya penerapan etika dalam seluruh aspek pemerintahan, mulai dari pengambilan keputusan hingga pelaksanaan kebijakan, serta penyelenggaraan pemerintahan secara keseluruhan. Ini mencerminkan prinsip-prinsip moral dan nilai-nilai yang membimbing tindakan dan perilaku para pejabat pemerintah dan institusi.

    Opini saya tentang etika pemerintahan dan institusi tinggi negara adalah bahwa mereka harus menjalankan tugas mereka dengan mengutamakan kepentingan publik di atas kepentingan pribadi atau kelompok. Mereka harus mengedepankan prinsip-prinsip seperti transparansi, akuntabilitas, keadilan, dan keberlanjutan dalam pengambilan keputusan dan pelaksanaan kebijakan. Selain itu, mereka juga harus memastikan bahwa partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan dipromosikan dan dihargai.

    ReplyDelete
  28. Rian Khansa 41920010003 (C03)

    Menurut saya, Setiap kehidupan bermasyarakat, manusia pasti memerlukan pelayanan dari orang lain, baik pelayanan fisik maupun pelayanan administratif. Kaitannya dengan pelayanan publik maka dalam hal ini birokrasi sebagai abdi negara, abdi masyarakat adalah sebagai aparat pelaksana pelayanan (public service) merupakan salah satu fungsi yang diselenggarakan dalam rangka penyelenggaraan administrasi negara. Sianipar mengatakan bahwa pelayanan didefinisikan sebagai cara melayani, membantu, menyiapkan, dan mengurus, menyelesaikan keperluan, kebutuhan seseorang atau sekolompok orang, artinya objek yang dilayani adalah individu, pribadi-pribadi, dan kelompok-kelompok organisasi. Sedangkan Moenir, mengatakan pelayanan adalah sebuah proses pemenuhan kebutuhan melalui aktivitas yang dilakukan oleh orang lain secara langsung. Menurutnya secara garis besar, pelayanan yang diperlukan oleh manusia pada dasarnya ada 2 jenis, yaitu pelayanan fisik yang sifatnya pribadi sebagai manusia dan pelayanan administrative yang diberikan oleh orang lain selaku anggota organisasi. Lebih lanjut dikatakan pada hakekatnya, pelayanan adalah serangkaian kegiatan, karena itulah ia merupakan proses. Sebagai proses, pelayanan berlangsung secara rutin dan berkesinambungan, yang meliputi seluruh kehidupan manusia dalam masyarakat. Mengenai bentuk pelayanan itu tidak akan terlepas dari tiga macam pelayanan yaitu : 1 pelayanan dengan lisan; 2) pelayanan melalui tulisan; dan 3) pelayanan dengan perbuatan. Ketiga bentuk pelayanan tersebut dalam setiap organisasi tidaklah dapat selamanya berdiri secara murni, melainkan sering kombinasi. Apalagi pelayanan tersebut pelayanan publik pada Kantor Pemerintah.
    • Pelayanan dengan lisan. Pelayanan yang dilakukan oleh petugas-petugas di bidang hubungan kemasyarakatan, bidang layanan informasi, bidang penerangan, dan bidang-bidang lainnya yang tugasnya memberikan penjelasan atau keterangan kepada siapapun yang memerlukan. Agar pelayanan dengan lisan berhasil sesuai dengan yang diharapkan
    • Pelayanan melalui tulisan. Merupakan bentuk yang paling menonjol dalam pelaksanaan tugas, tidak hanya dari segi jumlah tetapi juga dari segi peranannya. Agar pelayanan dalam bentuk tulisan dapat memnuhi kepuasan pihak yang dilayani, satu faktor kecepatan baik dalam pengolahan masalah maupun dalam proses penyelesaiannya (pengetikan, penandatanganan, dan pengiriman kepada yang bersangkutan)
    • Pelayanan berbentuk perbuatan. Dalam kenyataan sehari-hari jenis pelayanan ini memang tidak terhindar dari pelayanan lisan. Jadi merupakan gabungan antara pelayanan lisan dan perbuatan. Hal ini banyak dilakukan dalam hubungannya dengan pelayanan (kecuali pelayanan tulisan). Titik berat dari pelayanan perbuatan ini adalah terletak pada perbuatan itu sendiri yang ditunggu oleh yang berkepentingan.

    ReplyDelete
  29. Elizabeth Georgiana Pramitha C07

    Pendapat saya mengenai video "Mengedepankan Etika Dalam Menjalankan Pemerintahan" yaitu, dalam menjalankan pemerintahan sangat penting untuk memastikan pemerintahan berjalan dengan benar. Semua menyangkut dengan integritas, kepemimpinan moral, stabilitas, dan transparasi. Aspek dalam menjalankan pemerintahan menyangkut penghindaran korupsi karena merusak integritas pemerintahan. Menekankan mencegah dan membrantas korupsi. Aspek yang menyangkut prinsip keadilan, menghindari diskriminasi dan pemerintahan menguntungkan masyarakat. Aspek pertanggung jawaban terhadap warga negara, pemerintah memiliki pelayanan publik yang baik dan menyangkut transparasi publik. Selain itu juga pemerintah menyangkut dengan pertanggungjawaban terharap HAM, sumber daya alam, kesejahteraan masyarakat. Harus memikirkan dampaknya terhadap masyarakat dan memperhatikan etika.

    ReplyDelete
  30. Dimas Habib Nurdiansyah, C11

    Menurut saya, video ini menggarisbawahi pentingnya menjalankan pemerintahan dengan integritas. Isi video membicarakan aspek-aspek etika pemerintahan seperti integritas, akuntabilitas, transparansi, anti-korupsi, pengambilan keputusan yang adil, akuntabilitas publik, perlindungan hak asasi manusia, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan, pendidikan berkualitas, dan kesejahteraan masyarakat. Penerapan etika ini menjamin bahwa keputusan pemerintah memperhitungkan dampak secara keseluruhan terhadap kemajuan bersama.

    ReplyDelete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. Salsabila Munggarani Sae'sa, B48

    Sebagai seorang pelajar, saya merasa khawatir dengan situasi etika dalam pemerintahan Indonesia yang masih belum memenuhi harapan. Beberapa contoh masalah yang merusak integritas dan akuntabilitas pemerintah adalah korupsi, diskriminasi, dan pengelolaan sumber daya alam yang tidak berkelanjutan.

    Namun, saya percaya bahwa perubahan positif masih mungkin terjadi. Kami, sebagai generasi muda, memiliki kewajiban untuk mendorong penerapan etika yang baik dalam pemerintahan. Kami dapat berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan, menyampaikan aspirasi kami, dan mengawasi kinerja pemerintah. Menerapkan etika dalam pemerintahan bukan hanya idealisme, tetapi juga kebutuhan mendesak untuk membangun negara yang adil, makmur, dan berkelanjutan. Membangun kembali kepercayaan publik dan menegakkan etika di semua tingkatan pemerintahan merupakan kunci untuk mencapai tujuan tersebut. Pemerintah harus menunjukkan komitmen yang kuat dalam menegakkan etika dengan memperkuat penegakan hukum dan memberantas korupsi, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, mendorong partisipasi publik yang signifikan, melindungi dan mempromosikan HAM, mengelola sumber daya alam secara berkelanjutan, meningkatkan kualitas pendidikan dan layanan kesehatan.

    Hanya dengan tindakan nyata dan konsisten, etika pemerintahan dapat ditegakkan dan Indonesia dapat bergerak menuju masa depan yang lebih cerah. Selain itu, dengan kerjasama antara masyarakat dan pemerintah, saya yakin bahwa kita dapat membangun Indonesia yang lebih adil, makmur, dan berkelanjutan.

    ReplyDelete
  33. Azzahra Nur Pratiwi, B49

    Menurut saya isi dalam vidio tersebut menjelaskan pentingnya etika dalam menjalankan pemerintahan sangat dibutuhkan untuk menjaga integritas dan akuntabilitas dalam pemerintahan. Etika juga dibutuhkan untuk mencegah adanya korupsi, supaya integritas pemerintahan tidak menjadi rusak. Dengan adanya etika, pemerintahan harus adil dan tidak melakukan diskriminasi dalam menetukan suatu keputusan, melakukan pelayanan publik yang baik terhadap masyarakat,
    melindungi Hak Asasi Manusia (HAM) supaya masyarakat bisa mendapatkan hak untuk berpendapat dan tidak mendapatkan tekanan dalam menyuarakan pendapatnya, melakukan pengelolaan sumber daya alam yang baik, dan memberikan kualitas pendidikan yang baik kepada masyrakat.

    ReplyDelete
  34. Ajri Chaerul Ramadhan - 41221010033, B07

    Poin yang saya dapat dari video ini yaitu Pentingnya sikap etika dalam menjalankan pemerintahan adalah untuk menciptakan nilai-nilai seperti integritas, akuntabilitas, dan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia. Pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, sebaiknya menghindari konflik kepentingan dan menunjukkan transparansi agar masyarakat mempercayai mereka. Pemerintah juga harus bertanggung jawab atas tindakannya, termasuk dalam menghindari korupsi yang merugikan negara. Keadilan untuk semua lapisan masyarakat juga penting, tanpa ada yang dirugikan oleh kebijakan pemerintah. Hak Asasi Manusia harus diutamakan dalam segala aspek, termasuk dalam mendengarkan aspirasi masyarakat. Perlindungan lingkungan juga harus diprioritaskan, tanpa merusak alam demi kepentingan pribadi atau kelompok. Penyediaan fasilitas pendidikan yang memadai dan perhatian terhadap para pendidik merupakan tugas yang masih perlu ditingkatkan oleh pemerintah, demi masa depan bangsa yang lebih baik.

    ReplyDelete
  35. Fauzi Ridhwan syah, B10
    Menurut pemahaman saya vidio ini membahas tentang pentingnya etika dalam menjalankan pemerintahan, termasuk aspek integritas, akuntabilitas, transparansi, penghindaran korupsi, keadilan, pertanggungjawaban terhadap warga negara, partisipasi publik, perlindungan HAM, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.

    Pentingnya etika dalam pemerintahan adalah fondasi yang kuat untuk memastikan pemerintah bertindak dengan integritas, mempertanggungjawabkan setiap langkahnya, menghindari korupsi, menjamin keadilan, dan memperhatikan kebutuhan serta aspirasi masyarakat. Hal ini juga berkaitan dengan perlindungan hak asasi manusia, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan yang berkelanjutan, serta komitmen terhadap pendidikan berkualitas dan kesejahteraan masyarakat.

    Penerapan etika dalam pemerintahan bukan hanya menjadi tuntutan moral, tetapi juga merupakan investasi jangka panjang untuk memastikan pembangunan yang berkelanjutan dan kesejahteraan bersama. Oleh karena itu, penting bagi pemerintah untuk memprioritaskan aspek etika ini dalam setiap kebijakan dan tindakan yang diambil.

    ReplyDelete
  36. Dimas Rafi Hamdani
    B17

    menurut opini saya mengenai video nya etika itu sangat penting untuk menjadi contoh kepada masyarakat dan Mengedepankan etika dalam pemerintahan adalah hal yang sangat penting karena etika merupakan landasan nilai moral yang menentukan tindakan dan keputusan yang diambil oleh para pemimpin dan pelayan publik seperti dalam video yang bapak sampaikan membahas betapa pentingnya menjalankan pemerintahan dengan cara yang etis. Beberapa elemen penting dari etika pemerintahan yang dibahas dalam video ini. termasuk integritas, akuntabilitas, transparansi, menghindari korupsi, pengambilan keputusan yang adil, pertanggungjawaban warga negara, perlindungan HAM, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan, pendidikan yang baik, dan kesejahteraan masyarakat
    Mengedepankan etika dalam pemerintahan adalah pondasi yang kuat untuk membangun kepercayaan kepada masyarakat

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  38. Andyka Nayattama, B14
    Menurut saya video tersebut menjelaskan Etika dalam menjalankan pemerintahan merupakan hal yang krusial untuk menciptakan pemerintahan yang lebih bertanggung jawab, adil, dan transparan. Aspek-aspek pentingnya termasuk integritas dan kepemimpinan moral, akuntabilitas dan transparansi, penghindaran korupsi, keadilan dalam pengambilan keputusan, pertanggungjawaban terhadap warga negara, partisipasi publik, perlindungan HAM, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan, serta pendidikan dan kesejahteraan masyarakat. Penerapan etika ini secara menyeluruh akan membantu mewujudkan pemerintahan yang lebih baik dan akuntabel kepada rakyatnya.

    ReplyDelete
  39. Dony sadewo B-16

    menurut saya, vidio tersebut Mengedepankan etika dalam menjalankan pemerintahan adalah kunci untuk memastikan keadilan, kepercayaan, dan kesejahteraan masyarakat. Etika memastikan bahwa keputusan yang diambil didasarkan pada prinsip-prinsip moral yang benar, bukan kepentingan pribadi atau kelompok. Hal ini membangun fondasi yang kuat untuk stabilitas dan kemajuan negara.

    ReplyDelete
  40. rizky fadli amry , B23

    menurut saya, Pemerintahan yang beretika sangat penting untuk membangun kepercayaan publik, mempromosikan transparansi dan akuntabilitas, serta memastikan bahwa kepentingan warga negara dilayani dengan baik. Menetapkan Kode Etik yang Jelas jadi Pemerintah harus menetapkan kode etik yang jelas yang menguraikan nilai-nilai dan standar perilaku yang diharapkan dari pejabat publik. Kode ini harus mencakup larangan konflik kepentingan, suap, dan penyalahgunaan kekuasaan. Dengan mengedepankan etika dalam pemerintahan, kita dapat menciptakan masyarakat yang lebih adil, sejahtera, dan dipercaya.

    ReplyDelete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. Setelah saya menonton videonya, menurut saya video ini menunjukkan bahwa etika dalam pemerintahan sangat penting agar pemerintah dapat bertindak dengan baik dan adil.
    Banyak hal yang perlu diperhatikan, antara lain integritas, akuntabilitas, antikorupsi, keadilan, dan perlindungan hak asasi manusia. Soalnya masih banyak pejabat-pejabat pemerintah yang masih tidak jujur dengan mengambil yang seharusnya bukan hak mereka

    ReplyDelete
  43. Zahra Alfiah Yusdini, C09

    Menurut saya tentang vidio yang sudah saya tonton, banyak aspek yang diperhatikan seperti aspek integritas, akuntabilitas, transparan, dan pencegahan korupsi. Merupakan hal penting dalam pemerintahan sehingga dapat dipastikan bahwa pemerintahan berfungsi dengan baik dalam melayani kepentingan negara, penerapan prinsip-prinsip etika adalah dasar untuk membangun sistem pemerintahan yang berkelanjutan dan menguntungkan bagi masyarakat dan negara.

    ReplyDelete
  44. Fredi Setiawan, c17
    Menurut saya etika di butuhkan dalam pemerintahan agar, kita dapat memahami apa yg benar benar terjadi Dan apa yang hoax, Dan agar kita dapat menghargai pendapat orang lain

    ReplyDelete
  45. Siti Farihah C37

    Menurut saya, dari vidio bincang santai yang bapak sampaikan Ada banyak perdebatan mengenai pentingnya memprioritaskan etika dalam pemerintahan Hal ini penting karena menjamin pemerintah beroperasi dengan integritas dan bebas korupsi Pemerintah juga harus siap menghadapi pengawasan publik dan bertanggung jawab atas setiap keputusan yang diambil Karena partisipasi publik merupakan hal yang penting dalam etika tata kelola, pemerintah harus mendorong partisipasi publik dalam proses pengambilan keputusan untuk memastikan keterwakilan dan legitimasi keputusan pemerintah yang lebih baik Untuk memastikan bahwa hak asasi manusia merupakan prioritas utama dalam operasional pemerintah dan untuk memastikan bahwa sumber daya alam dan lingkungan dilindungi dari kerusakan lingkungan dan dilestarikan untuk generasi mendatang, pemerintah juga harus bertanggung jawab untuk menyediakan layanan Kebaikan bersama Harus ada komitmen terhadap jalannya pemerintahan sehingga peningkatan kesejahteraan bersama dan penghormatan terhadap nilai-nilai moral yang mendasari pemerintahan menjadi tujuan utama

    ReplyDelete
  46. Nazwa Hanum Anggraeni, C33

    Menurut opini saya mengenai video tersebut bahwa pentingnya etika dalam pemerintahan yang mencakup berbagai aspek seperti integritas, akuntabilitas, upaya antikorupsi, pengambilan keputusan yang adil, tanggung jawab pelayanan publik, partisipasi publik, perlindungan hak asasi manusia, kelestarian lingkungan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Hal ini menekankan perlunya kepemimpinan moral, transparansi, pencegahan dan pemberantasan korupsi, non-diskriminasi, keterlibatan warga negara, penghormatan terhadap hak asasi manusia, pengelolaan sumber daya alam yang bertanggung jawab, pendidikan berkualitas, layanan kesehatan yang memadai, dan pertimbangan holistik terhadap kesejahteraan masyarakat dalam pengambilan keputusan pemerintah.

    ReplyDelete
  47. Suci Wahyu Ramadhani 46123010157

    (C44)

    Menurut saya mengenai video "Mengedepankan Etika dalam Menjalankan Pemerintahan" dapat diartikan bahwa dalam pemerintahan penerapan etika merupakan hal yang sangat penting dalam menyoroti peran demi memastikan integritas, moralitas dalam kepemimpinan, akuntabilitas, serta transparansi dalam pengambilan keputusan. Dalam hal ini pemerintahan harus mampu menekankan untuk menghindari korupsi, bersikap adil dalam pengambilan keputusan, melindungi Hak Asasi Manusia (HAM) dan lingkungannya.

    Video tersebut juga membahas tentang pentingnya partisipasi masyarakat dalam mengambil keputusan dan pemerintah harus mampu memprioritaskan kesejahteraan maupun kualitas hidup seluruh warga negara.

    Jadi, pada intinya video ini menerapkan pentingnya beretika dalam pemerintahan demi menciptakan pendekatan pemerintahan yang holistik dan berlandaskan moral, etik dalam pemerintahan ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh warga negara serta mampu menghormati nilai - nilai moral.

    ReplyDelete
  48. Anugrah Putri Aisyah  (B37)

    Menurut Saya, Etika dalam pemerintahan melibatkan berbagai aspek penting seperti integritas, kepemimpinan moral, akuntabilitas, transparansi, pencegahan korupsi, keadilan dalam pengambilan keputusan, partisipasi publik, perlindungan hak asasi manusia, pengelolaan sumber daya alam, serta pendidikan dan kesejahteraan masyarakat. Dengan menerapkan etika ini, pemerintah dapat memastikan integritas, akuntabilitas, dan kesejahteraan bagi seluruh warga negara.

    ReplyDelete
  49. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  50. Rizka Amelia Dewi, C47.

    Menurut pendapat saya, saya sangat setuju dengan poin-poin yang disampaikan oleh Bapak Atep Afia Hidayat dalam video tersebut. Saat ini, kita sering menemukan pejabat publik yang tidak berperilaku pantas, seperti terlibat korupsi dan mengabaikan aspirasi rakyat, terutama golongan menengah ke bawah. Oleh karena itu, penerapan etika yang lebih kuat bagi pejabat publik sangat penting untuk memastikan kesejahteraan bersama dan memandu perilaku mereka dalam proses pengambilan keputusan, pelaksanaan kebijakan, hingga penyelenggaraan pemerintahan secara keseluruhan.

    Dalam konteks video ini, kita diingatkan untuk tetap fokus memantau bagaimana etika diterapkan dalam lingkungan pejabat publik, mulai dari integritas dan kepemimpinan moral di kalangan pejabat publik. Karena kita sebagai masyarakat berdiri sebagai pihak yang diwakilkan oleh para pejabat tersebut, maka kita harus menyoroti aspek-aspek seperti akuntabilitas, transparansi, serta pemberantasan korupsi. Selain itu, pejabat harus memastikan bahwa kebijakan yang diambil adil dan menguntungkan masyarakat secara keseluruhan sesuai tanpa diskriminasi. Partisipasi publik juga harus didorong untuk memastikan bahwa keputusan yang dibuat benar-benar mewakili kebutuhan warga negara. Tak hanya itu, pejabat publik pun perlu menjamin keperluan masyarakat dapat terpenuhi, mulai dari perlindungan hak asasi manusia, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan, hingga pendidikan yang berkualitas. Jika aspek-aspek ini terpenuhi, kita dapat mengharapkan perubahan positif dan signifikan dalam pemerintahan dan kesejahteraan masyarakat.

    ReplyDelete
  51. Adin Firliany Mulyati, B39

    Penerapan etika dalam menjalankan pemerintahan menjadi pondasi utama yang tidak dapat diabaikan. Integritas yang terjaga akan membangun kepercayaan publik terhadap pemerintah, sehingga setiap keputusan dan tindakan yang diambil dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Selain itu, akuntabilitas yang transparan akan memastikan bahwa pemerintah bertanggung jawab atas setiap langkah yang diambil, sehingga masyarakat memiliki kepastian bahwa kebijakan yang dibuat benar-benar berorientasi pada kesejahteraan bersama.

    Lebih dari itu, pemerintah yang mengutamakan nilai-nilai moral juga akan lebih mampu memajukan masyarakat secara keseluruhan. Dengan memastikan keadilan dalam pengambilan keputusan, pemerintah dapat mengurangi kesenjangan sosial dan memberikan kesempatan yang sama bagi semua lapisan masyarakat untuk berkembang. Hal ini juga akan meningkatkan partisipasi publik dalam proses pembangunan, sehingga kebutuhan dan aspirasi masyarakat dapat lebih akurat dipertimbangkan dalam setiap kebijakan yang dibuat.

    Selain itu, dengan menghormati hak-hak asasi manusia, pemerintah menjamin bahwa setiap individu memiliki kesempatan untuk hidup dengan martabat dan tanpa diskriminasi. Perlindungan terhadap HAM juga menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif bagi perkembangan masyarakat secara keseluruhan.

    Dengan demikian, penerapan etika dalam pemerintahan bukan hanya sekedar kewajiban moral, tetapi juga merupakan investasi jangka panjang untuk membangun masyarakat yang adil, berkelanjutan, dan sejahtera. Pemerintah yang memperhatikan nilai-nilai etika ini akan menjadi teladan bagi masyarakat, dan melalui langkah-langkah yang mereka ambil, mereka akan mampu menciptakan perubahan positif yang dapat dirasakan oleh semua warga negara.

    ReplyDelete
  52. Nisa Indah Fitriana, B41

    Pendapat saya tentang mengedepankan etika dalam menjalankan pemerintahan adalah bahwa etika sangat penting dalam menjalankan tugas pemerintahan. Para birokrat wajib memperlihatkan sikap dan perilaku yang baik yang dilandasi dengan nilai-nilai susila dalam memberikan pelayanan yang merupakan bagian dari tugas dan kewajibannya. Mereka harus menumbuhkan cara berfikir dan cara bekerja yang rasional, mandiri, dan kreatif, serta tidak pilih kasih dalam memberikan pelayanan. Dalam pelaksanaan tugas, aparatur pemerintah harus menjadikan dirinya sebagai teladan di dalam pelaksanaan etika, hukum, dan konstitusi. Etika pemerintahan sangat terkait dengan moralitas dan mentalitas aparat birokrasi dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan. Pemerintah yang memiliki etika dan moralitas yang tinggi dalam menjalankan kewenangan pemerintahannya, tentu memiliki akuntabilitas dan penghormatan yang lebih tinggi. Dalam mewujudkan pemerintahan yang baik dan jujur, bersih dan berwibawa, etika pemerintahan harus diintegrasikan dengan nilai-nilai luhur budaya bangsa dan ajaran agama.

    ReplyDelete
  53. Salsabila Amanda Rahmawati, B33

    Dari video tersebut, bahwa pentingnya mengedepankan etika dalam seluruh aspek pemerintahan untuk menciptakan nilai-nilai moral seperti integritas, akuntabilitas, serta menciptakan kesejahteraan bagi seluruh rakyat. Penerapan etika memastikan keputusan pemerintah dalam mempertimbangkan bagaimana dampak secara keseluruhan dengan tujuan untuk memajukan kesejahteraan bersama dan menghormati nilai-nilai moral yang ada.

    Menurut saya etika dalam pemerintahan Indonesia masih menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Ditengah berbagai kemajuan yang ada, masih banyak sekali tantangan yang perlu dihadapi mulai dari korupsi, penyalahgunaan kekuasaan, birokrasi yang belum optimal dan tindakan tidak terpuji lainnya. Masalah-masalah ini lah yang merusak integritas dan akuntabilitas pemerintah, sehingga sangatlah penting upaya untuk meningkatkan etika dalam pemerintahan seperti memberlakukan penegakan hukum dengan tegas, memberantas korupsi dan peningkatan akuntabilitas dan transparansi. Masyarakat sendiri juga memilki hak dan tanggung jawab dalam melakukan pengawasan terhadap kinerja pemerintah, berpartisipasi dalam pengambilan keputusan serta melaporkan tindakan pelanggalan etika dan akuntabilitas. Dengan komitmen tersebut saya berharap bahwa etika pemerintahan Indonesia dapat dibenahi dan Indonesia dapat menjadi negara yang lebih baik, dengan pemerintahan yang bersih, berintegritas dan akuntabilitas.

    ReplyDelete
  54. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  55. Nazwa Relian, B32

    Mengenai etika dalam pemerintahan, hal ini mensyaratkan bahwa mereka yang berkuasa harus secara konsisten bertanggung jawab atas keputusan mereka, bertindak dengan integritas, dan menghindari situasi apa pun yang dapat menyebabkan konflik kepentingan. Hal ini menjamin bahwa pemerintah berfungsi dengan integritas dan keterbukaan, dan secara konsisten berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Integritas, akuntabilitas, dan penghindaran korupsi merupakan elemen penting dalam perilaku etis dalam peran eksekutif dan administratif. Selain itu, kesetaraan merupakan elemen penting dalam prosedur pengambilan keputusan pemerintah, dengan tujuan untuk menjamin bahwa semua individu dapat memperoleh keuntungan dan tidak ada yang dirugikan. Pada saat yang sama, pemerintah bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan individu dan menyediakan layanan publik dengan kualitas yang luar biasa.

    Selain itu, partisipasi masyarakat juga ditekankan sebagai hal yang sangat penting untuk memastikan bahwa kebijakan yang dibuat sesuai dengan keinginan dan tujuan masyarakat. Perlindungan terhadap hak asasi manusia merupakan aspek penting dari etika dalam tata kelola. Untuk mencapai kelestarian lingkungan, perlu dibangun sistem manajemen yang komprehensif dan berkelanjutan yang mencakup sumber daya alam dan lingkungan. Tata kelola yang beretika mencakup dedikasi untuk memberikan pendidikan yang luar biasa dan memastikan kesejahteraan masyarakat. Dalam bidang tata kelola, penerapan prinsip-prinsip etika mendorong terciptanya lingkungan di mana keputusan dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kemakmuran bersama dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral. Lingkungan ini dibangun dengan mempertimbangkan dampak dari tindakan yang akan dilakukan terhadap seluruh masyarakat.

    ReplyDelete
  56. Nufa Amellia, C27

    Setelah saya menonton dan mendengarkan seluruh video yang sudah disampaikan saya menjadi tahu mengenai etika dalam menjalankan pemerintahan. Dan dibawah ini merupakan inti yang sudah saya dapatkan

    Untuk memastikan bahwa pemerintah bertindak dengan jujur, akuntabel, dan selalu berusaha untuk mencapai kesejahteraan masyarakat di mana pun mereka berada, sangat penting untuk menerapkan etika dalam menjalankan pemerintahan karena etika mencakup prinsip-prinsip moral dan nilai-nilai yang membimbing perilaku para pejabat pemerintah, termasuk dalam hal pengambilan keputusan, pelaksanaan kebijakan, dan penyelenggaraan pemerintahan secara keseluruhan.

    Menyangkut akuntabilitas dan transparansi: menurut etika pemerintahan, pemerintah harus bertanggung jawab atas keputusan dan tindakan yang diambil, terbuka terhadap pengawasan publik, dan memberikan informasi yang transparan. Oleh karena itu, pertanggungjawaban harus terbuka terhadap pengawasan publik dan transparan. Selain itu, elemen etika dalam menjalankan pemerintahan membahas

    ReplyDelete
  57. Alifya Zhafira Khalisa, B47

    Dari video tersebut, menurut saya etika sangat penting untuk memastikan integritas, akuntabilitas, dan selalu berupaya untuk mencapai kesejahteraan bersama. Pejabat harus mementingkan integritas, jujur tanpa ada nya konflik kepentingan pribadi, dll kemudian akuntabilitas transparasi menuntut atas keputusan atas tindakan pemerintahan harus membuka diri terhadap pengawasan publik. Pengambilan keputusan pemerintah harus berdasarkan prinsip keadilan tidak ada diskriminasi semua harus merasa diuntungkan tidak ada yg dirugikan, bertanggung jawab kepada warga negara memastikan semua kebutuhan warga negara terpenuhi. Terutama pada HAM warga negara berhak memiliki hak suara untuk pemerintah, terutama generasi muda.

    ReplyDelete
  58. Tita Nur Syafei C36

    Integritas dan moralitas kepemimpinan, akuntabilitas , transparansi , dan keadilan dalam pengambilan keputusan merupakan bagian integral dari etika pemerintahan . Hal ini juga memerlukan komitmen terhadap warga negara , keterlibatan masyarakat , perlindungan hak asasi manusia , pengelolaan lingkungan hidup , pendidikan berkualitas , dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan . Praktik etika dalam pemerintahan dimaksudkan untuk mempertimbangkan dampak keseluruhan keputusan terhadap moralitas dan perlakuan terhadap individu lain .

    ReplyDelete
  59. Safitri Salsabilla C29

    Pendapat saya menyoroti pentingnya penerapan etika dalam menjalankan pemerintahan, mulai dari integritas dan kepemimpinan moral, akuntabilitas dan transparansi, hingga penghindaran korupsi dan keadilan dalam pengambilan keputusan. Hal ini sangat relevan mengingat betapa pentingnya sebuah pemerintahan yang bertindak dengan integritas, memenuhi kebutuhan masyarakat, dan memastikan perlindungan hak asasi manusia serta keberlanjutan lingkungan. Penerapan nilai-nilai etika dalam pemerintahan merupakan landasan yang kuat untuk menciptakan masyarakat yang adil, sejahtera, dan berkelanjutan. Oleh karena itu, para pemimpin dan pejabat pemerintahan perlu mengutamakan nilai-nilai moral dalam setiap langkah dan keputusan yang mereka ambil demi kebaikan bersama.

    ReplyDelete
  60. Nadifha Resti Nanda C26

    Vidio tersebut membahas pentingnya etika dalam menjalankan pemerintahan, mencakup prinsip-prinsip moral dan nilai-nilai yang membimbing perilaku para pejabat pemerintah. Pembahasan meliputi aspek integritas, akuntabilitas, transparansi, penghindaran korupsi, keadilan, pertanggungjawaban terhadap warga negara, partisipasi publik, perlindungan HAM, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan, serta pendidikan dan kesejahteraan masyarakat. Teks tersebut menyoroti pentingnya tindakan pemerintah yang berintegritas, akuntabel, dan transparan demi mencapai kesejahteraan bersama serta menghormati nilai-nilai moral.

    ReplyDelete
  61. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  62. Nia Artika Melinda C28

    menurut pendapat saya, Pertama-tama, penekanan pada etika dalam pemerintahan adalah langkah yang sangat penting. Ketika pemerintah beroperasi dengan integritas, akuntabilitas, dan transparansi, itu memperkuat kepercayaan masyarakat dan memastikan bahwa keputusan yang diambil adalah untuk kebaikan bersama. Etika dalam pemerintahan mencerminkan komitmen untuk bertindak sesuai dengan prinsip-prinsip moral yang tinggi, yang pada gilirannya menciptakan lingkungan di mana keadilan, perlindungan HAM, dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dapat diwujudkan.

    Integritas dan kepemimpinan moral dalam pemerintahan sangat penting karena mereka membentuk dasar untuk kepercayaan publik. Ketika pejabat pemerintah bertindak tanpa konflik kepentingan dan dengan kejujuran, itu menguatkan legitimasi pemerintah dan memperkuat fondasi demokrasi.

    Akuntabilitas dan transparansi juga menjadi kunci. Pemerintah yang terbuka terhadap pengawasan publik dan menyediakan informasi yang transparan memungkinkan masyarakat untuk mengawasi tindakan pemerintah dan meminta pertanggungjawaban atas keputusan yang diambil.

    ReplyDelete
  63. Fitria Yuliani B43

    Menerapkan etika dalam menjalankan pemerintahan sangat penting untuk memastikan bahwa pemerintahan bertindak dengan integritas, akuntabilitas dan selalu berupaya mencapai kesejahteraan bersama,ada beberapa aspek menyangkut etika dalam pemerintahan:tentu saja menyangkut integritas dan kepemimpinan moral menjabat pemerintah dari satu sampe kedaerah diharapkan bertindak untuk bertindak berintegritas jujur dan tanpa adanya konflik kepentingan ,pribadi, keluarga.
    Jadi kepemimpinan moral mencerminkan tanggung jawab untuk menunjukkan standar moral yang tinggi .dimanapun berada menyangkut akuntabilitas dan transparansi dimana Etika dalam pemerintahan menuntut akuntabilitas keputusan dan tindakan Aspek etika menyangkut keadilan dan keputusan dalam hal ini pengambilan keputusan pemerintah harus didasarkan prinsip keadilan menghindari diskriminasi dan memastikan bahwa kebijakan program pemerintah menguntungkan seluruh masyarakat dan tidak ada pihak pihak yg dirugikan.etika dalam pertanggungjawaban terhadap warga negara dan pemerintah memiliki kewajiban untuk pelayanan publik yang baik dan memastikan kebutuhan warganegara dengan terpenuhi.etika menyangkut dalam perlindungan HAM melibatkan penghormatan dan perlindungan terhadap HAM, semua masyarakat mendapat perlakuan yang adil.etika menyangkut dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan dalam hal ini pemerintah harus menjalankan kebijakan yg berkelanjutan tentu saja harus tanggung atas sumber daya alam dan lingkungan, mempertimbangkan bagaimana dampaknya terhadap masyarakat secara holistik secara keseluruhan tentu saja dengan tujuan untuk memajukan kesejahteraan bersama dan menghormati nilai nilai moral yang mendasari pemerintahan.

    ReplyDelete
  64. SULAIMAN (B01)
    41121010001

    Menurut saya tadi di dalam video membahas pentingnya sebuah etika dalam pemerintahan. Ini mencakup integritas, transparansi, dan menghindari korupsi. Penerapan etika ini penting untuk mewujudkan pemerintahan yang adil dan sejahtera. Penerapan etika dalam pemerintahan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga seluruh elemen masyarakat. Masyarakat harus berperan aktif dalam mengawasi dan mendorong pemerintah untuk menjalankan pemerintahan yang berlandaskan etika.

    ReplyDelete
  65. Safitri Sukma Putri, B35

    setelah saya mengamati video tersebut saya berpendapat bahwa pentingnya menegakkan etika dalam pemerintahan baik dari aspek pendidikan maupun kesejahteraan masyarakat karena dari dua aspek tersebut itu sangat penting. dan dengan adanya suatu penerapan etika dalam menjalankan pemerintahan dapat menciptakan lingkungan atau kondisi dimana suatu keputusan yang diambil dengan memperhatikan dampaknya terhadap masyarakat dengan tujuan memajukan kesejahteraan bersama dan menghormati nilai-nilai moral yang mendasari pemerintahan. jadi disini juga menyarankan bahwa pemerintahan yang terbentuk harus mengedepankan etika. karena jika tidak di landaskan dengan etika maka kemungkinan pemerintahan tidak berjaan sesuai dengan keinginan.

    ReplyDelete

EKSPLORASI ALAM DAN KENYAMANAN DI PANTAI PULO MANUK, BANTEN

  Pantai Pulo Manuk yang terletak di Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten, merupakan destinasi wisata populer yang terkenal dengan keinda...