ABSTRAK
Pancasila memiliki peran penting dalam mengajarkan inklusi sosial dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Prinsip-prinsip Pancasila mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang inklusif, adil, dan berorientasi pada kepentingan umum. Artikel ini akan membahas bagaimana Pancasila memandu pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, memastikan akses yang inklusif dan adil bagi semua lapisan masyarakat.
PENDAHULUAN
Sebagai dasar negara Indonesia, Pancasila mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengatur kehidupan bermasyarakat, kehidupan berbangsa, dan kehidupan berbangsa.Salah satu aspek yang diatur dalam Pancasila adalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) yang harus sejalan dengan nilai-nilai Pancasila.Pancasila memimpin kemajuan ilmu pengetahuan dan pendidikan serta merumuskan kebijakan pembangunan nasional yang berkelanjutan, inklusif, dan adil bagi seluruh lapisan masyarakat.
RUMUSAN MASALAH
Bagaimana Pancasila mengajarkan inklusi sosial dalam ilmu pengetahuan dan teknologi? Bagaimana prinsip-prinsip Pancasila memastikan akses terhadap pengetahuan dan teknologi bersifat inklusif dan adil bagi semua lapisan masyarakat?
TUJUAN
Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan peran Pancasila dalam mengajarkan inklusi sosial dalam ilmu pengetahuan dan teknologi serta bagaimana prinsip-prinsip Pancasila memastikan akses yang inklusif dan adil bagi semua lapisan masyarakat.
PEMBAHASAN
Inklusi Sosial dalam Pancasila
Pancasila sebagai dasar negara Indonesia memuat nilai-nilai integratif seperti gotong royong, keadilan sosial, dan persatuan.Nilai-nilai tersebut menjadi landasan integrasi sosial dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dampak Asas Pancasila terhadap Akses Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Asas Pancasila, seperti keadilan sosial, menjadi landasan untuk menjamin kesetaraan akses terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi di seluruh masyarakat.Kebijakan yang mendukung diseminasi teknologi di daerah terpencil dan pengembangan sumber daya manusia di berbagai sektor masyarakat merupakan hasil nyata dari prinsip ini.
Penerapan Nilai-Nilai Pancasila untuk Inklusi Sosial yang Berkeadilan
Beberapa inisiatif dan lembaga pemerintah di Indonesia menerapkan Nilai-Nilai Pancasila untuk menjamin inklusi sosial yang berkeadilan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.Contohnya adalah program pelatihan teknologi di daerah terpencil, subsidi pendidikan untuk masyarakat kurang mampu, dan pemberdayaan komunitas lokal dalam pengembangan teknologi berkelanjutan.
Pada sila ketiga, Pancasila mengedepankan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang inklusif dan beragam serta responsif terhadap tantangan dan kebutuhan masyarakat Indonesia secara keseluruhan.Hal ini akan mendorong kolaborasi antara ilmu pengetahuan dan teknologi serta memperkuat kemitraan antara pemerintah, akademisi, industri, dan masyarakat.
Pada sila keempat, Pancasila mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang melibatkan masyarakat luas dalam prosesnya dan menjamin akses yang adil dan inklusif di seluruh lapisan masyarakat.Pancasila juga berperan penting dalam pengembangan pendidikan inklusif di Indonesia.
Pendidikan inklusif adalah pendidikan yang mempertimbangkan keberagaman dan kebutuhan individu serta menjamin kesempatan yang sama bagi setiap orang untuk belajar dan berkembang.Sebagai dasar negara Indonesia, Pancasila mendorong pengembangan pendidikan inklusif yang berfokus pada keadilan sosial dan kesejahteraan umum.
Pancasila juga memimpin pengembangan teknologi untuk mendukung kesejahteraan masyarakat.Prinsip keadilan sosial menjadi dasar pengembangan teknologi yang mendukung kesejahteraan masyarakat.Pancasila mendorong pengembangan teknologi yang dapat meningkatkan kesejahteraan manusia dan mengurangi kesenjangan sosial
KESIMPULAN
Pancasila berperan sangat penting dalam mengajarkan inklusi sosial dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.Prinsip-prinsip Pancasila mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara inklusif, adil dan untuk kepentingan umum.Dengan memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila, kami berharap dapat menjadikan akses terhadap pengetahuan dan teknologi lebih inklusif dan adil di seluruh lapisan masyarakat.Pancasila dengan demikian tidak hanya menjadi dasar negara, tetapi juga menjadi pedoman pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka inklusi sosial dan keadilan pada seluruh lapisan masyarakat.
DAFTAR PUSTAKA
Buana, M. S. Pancasila, Multikulturalisme, dan Tantangan Inklusi Sosial.https://www.researchgate.net/profile/Mirza-Satria-Buana/publication/359679924_Political_Islam_and_Islamic_Parties_in_Indonesia_Critically_Assessing_the_Evidance_of_Islam's_Political_Decline/links/6247a43e7931cc7ccf0d5065/Political-Islam-and-Islamic-Parties-in-Indonesia-Critically-Assessing-the-Evidance-of-Islams-Political-Decline.pdf
Yohanes, T., Widiyastuti, Y. S. M., Krismantoro, D., & Handoyo, B. H. C. (2022). Kajian Ideologis Pancasila terhadap Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif.https://ejurnalpancasila.bpip.go.id/index.php/PJK/article/download/82/33
Muhammad Hendri Nuyryadi. (2023) PANCASILA https://spada.uns.ac.id/mod/forum/discuss.php?d=153958
YUNINGSIH, Y. Y. (2019). PANCASILA SEBAGAI SUMBER NILAI TERTINGGI BAGI PENINGKATAN DAN PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI INDONESIA DI ERA REVOLUSI 4.0: Pendidikan ekonomi. Ekonomedia, 8(01), 61-78.http://www.jurnal.stiepasim.ac.id/index.php/ekonomedia/article/download/24/13
Anugrah Dwi (2023). Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka Beserta Perannya https://fkip.umsu.ac.id/2023/07/15/pengertian-pancasila-sebagai-ideologi-terbuka-beserta-perannya/
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.