Pancasila
dan Kolaborasi Internasional dalam Penelitian dan Pengembangan: Membangun
Jaringan Ilmiah yang Kuat
Disusun
oleh: Ghefira Nanda Utami (A09-GHEFIRA)
Abstrak
Pancasila sebagai dasar negara Indonesia
memiliki nilai-nilai yang dapat memberikan kontribusi positif dalam kolaborasi
internasional dalam penelitian dan pengembangan. Artikel ini bertujuan untuk
mengeksplorasi peran Pancasila dalam membangun jaringan ilmiah yang kuat
melalui kolaborasi internasional, dengan memahami nilai-nilai Pancasila dan
menerapkannya dalam konteks kolaborasi internasional, diharapkan dapat terciptanya
kerjasama yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi.
Pendahuluan
Kolaborasi internasional dalam penelitian
dan pengembangan menjadi semakin penting dalam menghadapi tantangan global.
Indonesia sebagai negara dengan kekayaan budaya dan sumber daya alam yang
melimpah memiliki potensi besar untuk berkontribusi dalam kolaborasi
internasional. Dalam konteks ini, nilai-nilai Pancasila yang mengedepankan
gotong royong, keadilan, demokrasi, persatuan, dan kesatuan dapat menjadi
landasan yang kuat dalam membangun jaringan ilmiah yang berkelanjutan.
Rumusan Masalah
Bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat
diintegrasikan dalam kolaborasi internasional dalam penelitian dan
pengembangan?
Tujuan
Menganalisis atau menjelaskan peran
nilai-nilai Pancasila dalam kolaborasi internasional dalam penelitian dan
pengembangan.
Pembahasan
Kerja sama atau kolaborasi internasional
di bidang penelitian dan pengembangan dapat mengintegrasikan nilai-nilai
Pancasila melalui berbagai pendekatan,
antara lain pendidikan, pembelajaran kontekstual, dan pemanfaatan teknologi. Peluang
untuk mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila ke dalam kerjasama penelitian dan
pengembangan internasional antara lain:
1.
Pendidikan
dan Pembelajaran Kontekstual:
Melalui pendekatan
kurikulum merdeka yang didasarkan pada pengembangan profil peserta didik agar
memiliki jiwa dan nilai baik yang terkandung pada sila-sila Pancasila dalam
kehidupan mereka. Penerapan nilai-nilai profil pelajar Pancasila melalui
pembelajaran kontekstual di sekolah dasar juga menjadi salah satu upaya untuk
mewujudkan pelajar Pancasila yang mampu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai
Pancasila.
2.
Pemanfaatan
Teknologi:
Penelitian telah
dilakukan untuk mengetahui penerapan pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar
dalam menginternalisasi nilai-nilai Pancasila Selain itu, teknologi juga dapat
digunakan untuk memperkuat profil pelajar Pancasila dalam upaya mewujudkan
karakter bangsa.
3.
Eksplorasi
Nilai-nilai Pancasila:
Melalui eksplorasi
nilai-nilai Pancasila, pendidikan dapat membentuk peserta didik agar memiliki
kompetensi dan wawasan global serta berperilaku sesuai dengan nilai-nilai
Pancasila.
4.
Penanggulangan
Perubahan Iklim:
Integrasi
nilai-nilai Pancasila dalam upaya penanggulangan perubahan iklim juga dapat
membuat Indonesia menjadi rujukan dalam menangani isu global tersebut. Dengan
demikian, Pancasila dapat menjadi spirit yang melandasi berbagai upaya untuk
menangani perubahan iklim secara holistik dan berkelanjutan.
Kesimpulan
Jadi kesimpulan pada materi ini yaitu
pengintegrasian nilai-nilai Pancasila ke dalam kerja sama internasional di
bidang penelitian dan pengembangan dapat dilakukan melalui berbagai pendekatan
seperti: Pendidikan, pemanfaatan teknologi, penelitian nilai-nilai Pancasila,
dan penanggulangan perubahan iklim. Hal ini akan memperkuat kontribusi
Indonesia dalam kerja sama internasional dengan tetap menjunjung tinggi
nilai-nilai Pancasila.
Daftar Pustaka
Dyah Ratna Wulandari, diakses pada 15
november 2023 https://www.slideshare.net/dyahratnawulandari4/ruang-kolaborasi-eksplorasi-nilainilai-pancasilapdf
Eni Susilawati, Saleh Sarifuddin, diakses
pada 16 november 2023 https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/897/500
Najamuddin Khairur Rijal, diakses pada 16
november 2023 https://www.kompas.id/baca/opini/2023/07/12/spirit-pancasila-untuk-menangani-perubahan-iklim
No comments:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.