Thursday, October 10, 2024

TUGAS BESAR 1 : PODCAST PANCASILA

 Contoh Video Podcast Pancasila

 

KETENTUAN

·        Dikerjakan oleh kelompok beranggotakan dua orang

·        Dibuat dalam format video dengan durasi 5 – 10 menit.

·        Video diupload di Channel Youtube Pribadi (salah satu anggota)

·        Embed Youtube diunggah di Web-Blog Jurnal Pancasila dan Kenegaraan, dengan ukuran 350 x 250, diberikan judul dan deskripsi, berikan label peserta (sesuai anggota kelompok)

·        Batas akhir pengerjaan, Kamis, 24 Oktober 2024 (23.59 WIB)

·        Dievaluasi pada Pekan Perkuliahan Ke 7 (Jum’at, 25 Oktober 2024)

 

KELOMPOK  “JUDUL PODCAST”

  1. "Mengapa Pendidikan Pancasila Penting Bagi Mahasiswa di Era Modern?"
  2. "Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa: Memupuk Kesadaran di Kalangan Mahasiswa"
  3. "Membangun Semangat Kebangsaan Melalui Pendidikan Pancasila"
  4. "Pancasila dan Tantangan Mahasiswa di Era Globalisasi"
  5. "Peran Pendidikan Pancasila dalam Membentuk Generasi Mahasiswa yang Berkarakter"
  6. "Meningkatkan Nasionalisme di Kalangan Mahasiswa dengan Pancasila"
  7. "Mahasiswa dan Pancasila: Pilar Utama untuk Memperkuat Persatuan"
  8. "Menghidupkan Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Kampus"
  9. "Pancasila di Era Digital: Tantangan dan Peluang untuk Mahasiswa"
  10. "Implementasi Pancasila dalam Aktivitas Mahasiswa: Dari Teori ke Praktik"
  11. "Membangun Kepemimpinan Mahasiswa Berbasis Nilai Pancasila"
  12. "Pancasila dan Kebhinekaan: Peran Mahasiswa dalam Merawat Toleransi"
  13. "Pendidikan Pancasila sebagai Landasan Etika Sosial di Kalangan Mahasiswa"
  14. "Memahami Pancasila sebagai Panduan Mahasiswa untuk Berperan dalam Masyarakat"
  15. "Pancasila dan Hak Asasi Manusia: Perspektif Mahasiswa dalam Menyikapi Perbedaan"
  16. "Pendidikan Pancasila sebagai Alat untuk Menghadapi Radikalisme di Kalangan Mahasiswa"
  17. "Mengenalkan Kembali Pancasila ke Generasi Muda: Tantangan di Lingkungan Kampus"
  18. "Pancasila dalam Kehidupan Mahasiswa: Bagaimana Mengaplikasikan dalam Kehidupan Sehari-Hari"
  19. "Peran Pendidikan Pancasila dalam Membangun Kesadaran Mahasiswa Akan Kewarganegaraan"
  20. "Pancasila Sebagai Panduan Moral dan Etika Mahasiswa di Era Kebebasan Berpendapat"

 

KELOMPOK (ANGGOTA/NO PESERTA)

 

Kel 1 (A11, A35)

Kel 2 (A04, A06)

Kel 3 (A14, A15)

Kel 4 (A17, A25)

Kel 5 (A03, A18)

Kel 6 (A07, A08)

Kel 7 (A20, A21)

Kel 8 (A30, A40)

Kel 9 (A05, A12)

Kel 10 (A22, A23)

Kel 11 (A13, A31)

Kel 12 (A09, A19)

Kel 13 (A34, A37)

kel 14 (A16, A39)

Kel 15 (A28, A29)

Kel 16 (A38, A36)

Kel 17 (A32,A27)

Kel 18 (A33, A26)

Kel 19

Kel 20

 

CONTOH KONTEN PODCAST

Judul : "Pancasila Sebagai Landasan Moral Mahasiswa: Menjawab Tantangan Globalisasi":

1. Pertanyaan: Mengapa Pancasila dianggap sebagai landasan moral yang penting bagi mahasiswa di era globalisasi?

Jawaban: Pancasila berperan sebagai landasan moral karena nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, seperti kemanusiaan, persatuan, dan keadilan, memberikan pedoman bagi mahasiswa dalam bersikap dan bertindak. Di era globalisasi yang penuh dengan pengaruh luar, Pancasila membantu mahasiswa menjaga identitas dan moralitas mereka sebagai warga negara Indonesia.

2. Pertanyaan: Bagaimana Pancasila membantu mahasiswa menghadapi perubahan sosial dan budaya yang datang dari globalisasi?

Jawaban: Pancasila membantu mahasiswa menghadapi perubahan dengan menyediakan nilai-nilai dasar yang stabil, seperti toleransi dan gotong royong, sehingga mereka bisa menyesuaikan diri tanpa kehilangan jati diri. Mahasiswa dapat menerima kemajuan dari luar, tetapi tetap menghargai keragaman budaya lokal dan menjaga kebhinekaan Indonesia.

3. Pertanyaan: Apa tantangan terbesar bagi mahasiswa dalam menjaga nilai-nilai Pancasila di era globalisasi?

Jawaban: Tantangan terbesar adalah arus informasi dan budaya global yang seringkali membawa nilai-nilai yang bertentangan dengan Pancasila, seperti individualisme yang berlebihan dan materialisme. Mahasiswa harus mampu menyaring pengaruh tersebut dan tetap berpegang pada nilai-nilai kebersamaan, kemanusiaan, dan nasionalisme yang diajarkan oleh Pancasila.

4. Pertanyaan: Bagaimana Pancasila dapat membentuk etika dan moralitas mahasiswa di lingkungan kampus?

Jawaban: Pancasila membentuk etika dan moralitas melalui nilai-nilai seperti keadilan sosial dan kemanusiaan. Dalam lingkungan kampus, mahasiswa yang memahami Pancasila akan lebih menghargai perbedaan, bekerja sama dalam tim, dan memperlakukan sesama dengan adil dan bermartabat. Ini menciptakan suasana kampus yang lebih harmonis dan inklusif.

5. Pertanyaan: Apakah globalisasi bisa memengaruhi moral mahasiswa jika tidak ada landasan kuat seperti Pancasila?

Jawaban: Tanpa landasan kuat seperti Pancasila, mahasiswa bisa terpengaruh oleh nilai-nilai global yang mungkin tidak sejalan dengan budaya Indonesia. Hal ini dapat mengikis rasa kebangsaan, memperlemah identitas nasional, dan mengubah cara pandang mahasiswa terhadap kehidupan sosial, budaya, dan bahkan politik.

6. Pertanyaan: Bagaimana mahasiswa bisa menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di era digital?

Jawaban: Di era digital, mahasiswa bisa menerapkan nilai-nilai Pancasila dengan berperilaku positif di media sosial, seperti menyebarkan pesan damai, menghormati perbedaan pendapat, dan menjunjung tinggi kejujuran serta transparansi. Dengan demikian, mahasiswa tetap berpegang pada etika Pancasila meskipun berinteraksi dalam dunia digital yang global.

7. Pertanyaan: Mengapa penting bagi mahasiswa untuk memiliki kesadaran moral yang kuat di era globalisasi?

Jawaban: Kesadaran moral yang kuat penting karena globalisasi membawa banyak pengaruh yang bisa mempengaruhi nilai-nilai individu. Mahasiswa dengan kesadaran moral yang berlandaskan Pancasila dapat memilah mana yang baik dan buruk, serta berperan sebagai agen perubahan yang membawa manfaat bagi masyarakat luas, bukan hanya bagi diri sendiri.

8. Pertanyaan: Bagaimana pendidikan Pancasila di kampus bisa membantu mahasiswa menghadapi tantangan global?

Jawaban: Pendidikan Pancasila di kampus mengajarkan mahasiswa nilai-nilai seperti gotong royong, musyawarah, dan keadilan, yang dapat diaplikasikan dalam menghadapi tantangan global seperti kompetisi kerja dan keragaman budaya. Pendidikan ini membantu mahasiswa menjadi individu yang tangguh, adil, dan berintegritas di tengah persaingan global.

9. Pertanyaan: Apa peran mahasiswa dalam menjaga eksistensi Pancasila di tengah gempuran budaya asing?

Jawaban: Mahasiswa berperan sebagai penjaga dan penggerak nilai-nilai Pancasila di tengah arus budaya asing. Mereka bisa menjadi contoh dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan menyebarkan kesadaran tentang pentingnya menjaga identitas nasional di lingkungan pergaulan mereka, baik di dalam maupun luar kampus.

10. Pertanyaan: Bagaimana mahasiswa bisa menyeimbangkan antara menerima perkembangan global tanpa kehilangan nilai-nilai Pancasila?

Jawaban: Mahasiswa bisa menyeimbangkan dengan cara terbuka terhadap inovasi dan perkembangan global, namun tetap kritis dalam menyaring pengaruh-pengaruh yang masuk. Dengan memegang teguh nilai-nilai Pancasila, seperti persatuan, kemanusiaan, dan keadilan, mereka bisa mengikuti perkembangan zaman tanpa kehilangan esensi budaya dan moral yang mereka anut sebagai bangsa Indonesia.

 

No comments:

Post a Comment

TUGAS 6 : Kebijakan Nasional di Bidang Pendidikan Berbasis Pancasila

     Kebijakan Nasional di Bidang Pendidikan Berbasis Pancasila Abstrak      Artikel ini membahas bagaimana kebijakan nasional di bidang pen...