Dampak Globalisasi terhadap Industri Kreatif: Peluang dan Tantangan
Fredi Setiawan (C17) 42322010087
ABSTRAK
Perkembangan zaman di era
globalisasi saat ini membawa pengaruh besar dalam dinamika kehidupan manusia,
terutama dalam kemajuan di bidang teknologi. Teknologi membawa perubahan dalam
berbagai bidang kehidupan, salah satunya di dunia perindustrian. Platfrom
digital juga menjadi sarana untuk melakukan komunikasi dalam berbagai bentuk,
baik itu melalui tulisan, foto, maupun video.
Kemajuan dalam bidang
teknologi dapat melahirkan komunikasi baru yang kerap di sebut new media, yang
berarti ide, perasaan, dan pengalaman yang diperoleh seorang melalui
keterlibatannya dalam cara berkomunikasi dengan menggunakan dimensi baru,
berbeda, dan lebih menantang. Media massa yang lahir dari perubahan teknologi
membawa pengaruh dikalangan masyarakat, media kini menjadi perpanjangan tangan
dalam mengembangkan jasa serta struktur sosial dan perekonomian. Perkembangan
dalam cara setiap individu memperoleh informasi secara cepat bersama media baru
dengan menggunakan fitur internet. Internet menjadi salah satu media baru dari
produk teknologi yang dapat di akses dengan mudah dan cepat untuk memperoleh
informasi.
KATA KUNCI : Industri Kreatif, Globalisasi, Dampak
Globalisasi, Peluang dan Tantangan Industri Kreatif, Pendidikan Kewarganegaraan
PENDAHULUAN
Semakin tumbuhnya
Industri kreatif di Indonesia, semakin menunjukan bahwa ekonomi Indonesia pun
mampu berinovasi dan bersaing dengan negara lainnya. Apabila disertai dengan
sistem pengelolaan keuangan yang baik, bukan tidak mungkin perekonomian
indonesia bisa selangkah lebih maju. Perkembangan global turut pula berpengaruh
pada perekonomian. Kreatifitas sangat penting di era globalisasi, seperti saat
ini. Hal tersebut perlu menjadi perhatian karena persaingan yang semakin
meningkat dan ketat di antara para pelaku ekonomi. Digitalisasi menjadi hal
penting bagi industri kreatif, penerapan sistem keuangan yang tepat bisa
menjadi kunci keberlangsungan industri ini.
Industri kreatif sendiri
adalah proses penciptaan, kreativitas, dan ide dari seseorang atau sekelompok
orang yang dapat menghasilkan sebuah karya, tanpa mengeksploitasi sumber daya
alam, serta dapat menghasilkan produk ekonomi yang menghasilkan. Sistem pengelolaan
keuangan yang tepat dan Kreatifitas yang terus tumbuh dapat membuka lapangan
pekerjaan tanpa khawatir akan kerugian. Maka dari itu, industri kreatif
merupakan bidang penting yang harus terus dikelola dengan sistem keuangan yang
baik untuk bisa berkembang. Hal ini perlu menjadi perhatian bersama dalam
pengelolaan dan perkembangannya karena merupakan salah satu penopang
perekonomian negara.
PERMASALAHAN
1. Dampak
Globalisasi terhadap Industri Kreatif
2. Peluang
Industri Kreatif terhadap Globalisasi
3. Tantangan
Industri Kreatif terhadap Globalisasi
PEMBAHASAN
PELUANG INDUSTRI
KREATIF
Industri
kreatif di Indonesia saat ini tengah menjadi sorotan karena menyumbang nilai
yang signifikan terhadap perekonomian di Indonesia. Berdasarkan data
Kemenparekraf, kontribusi ekonomi kreatif terhadap Produk Domestik Bruto (PDB)
Indonesia tahun 2018 sebesar 7,16%. Bahkan, berdasarkan data Focus Economy
Outlook 2020 yang dikutip dari ekbis.sindonews.com, ekonomi kreatif mampu
menyumbang sebesar Rp1.100 triliun terhadap PDB Indonesia sepanjang tahun 2020.
Industri
kreatif menjadi pembeda dari banyaknya produk yang sejenis yang terdapat di
dunia bisnis. Pasalnya, produk yang industri kreatif hasilkan merupakan hasil
dari kreatifitas yang melahirkan keunikan, serta inovasi produk, yang mana bisa
menjadi pelopor. Tumbuhnya inovasi dan kreatifitas yang banyak tercipta dari
industri ini,menjadikan industri ini sangat berpeluang untuk berkembang dan
menghasilkan keuntungan. Para penggiat industri kreatif harus senantiasa
menumbuhkan ide dan kreativitas agar industri ini terus tumbuh.
JENIS-JENIS
INDUSTRI KREATIF
Indonesia sendiri
setidaknya memiliki 14 jenis industri yang bisa terkategorikan sebagai hasil
dari kreativitas untuk menumbuhkan
perekonomian masyarakat Indonesia. Beberapa jenis industri tersebut antara
lain:
PERIKLANAN
Industri periklanan
memiliki prospek positif untuk saat ini dan di masa depan. Jenis industri
kreatif ikut membantu menggerakkan roda perekonomian lokal dan nasional, karena
mendorong usaha dan semangat produsen untuk tetap memproduksi produk atau jasa.
Segi kreativitas dari industri periklanan mencakup tampilan periklanan di media
cetak, elektronik, dan digital. Pemasangan berbagai poster juga baliho,
penyebaran pamflet, flyer, dan media reklame sejenisnya. Termasuk juga
distribusi serta penyewaan kolom untuk iklan. Kegiatan ini juga meliputi proses
kreasi sejak pembuatan ide, operasi, dan distribusi dari hasil periklanan,
misalnya perencanaan komunikasi periklanan, media periklanan, produksi material
periklanan, promosi dan kampanye.
MUSIK
Industri musik memiliki
definisi sebagai kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi/komposisi,
pertunjukan, reproduksi, dan distribusi dari rekaman suara. Kemenparekraf
optimistis menempatkan musik sebagai salah satu subsektor yang pengelolaannya
akan secara maksimal. Mereka menyediakan fasilitas untuk para pelaku industri
musik, antara lain, perlindungan HKI sehingga bisa mengurangi pembajakan,
menginisiasi terbentuknya inkubator-inkubator musik, membuka akses permodalan
untuk industri musik, dan membangun ekosistem bisnis musik yang sehat.
FASHION
Jenis industri kreatif
yang akan tetap bertahan seiring perkembangan zaman adalah fashion. Apapun yang
terjadi (perang, resesi, ataupun pandemi), industri kreatif di bidang fashion
akan terus berjalan selama desainer masih memiliki ide-ide kreatif di kepalanya.
Para desainer semestinya mampu untuk terus beradaptasi dalam menciptakan tren
fashion dengan kondisi yang ada di masyarakat. Di musim dingin, musim panas,
pandemi bahkan saat krisis sekali pun. Desainer yang baik pasti sudah
menyiapkan segalanya dalam kondisi apapun termasuk saat krisis, ditambah
pengelolaan keuangan yang baik menggunakan sistem akuntansi terbaik tentu
sangat membantu.
FILM, VIDEO, DAN
FOTOGRAFI
Jenis industri kreatif
dalam bidang film, fotografi, dan video merupakan salah satu sektor yang
berpotensi besar dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Bidang ini termasuk ke
dalam kategori industri kreatif karena proses dalam produksi film atau
fotografi maupun video berawal dari mengumpulkan ide-ide dan kreativitas awal.
TANTANGAN INDUSTRI
KREATIF
Dalam pengembangan sektor
industri kreatif, tentu saja akan berhadapan dengan banyak tantangan terutama tantangan berupa masuknya
pelaku bisnis kreatif ke Indonesia. Kendala tersebut sejatinya menjadi
tantangan usaha kreatif agar lebih mampu menggali kreativitas yang memiliki
keunggulan bersaing. Tantangan yang harus Anda hadapi adalah sebagai berikut.
·
Masuknya budaya asing
·
Rendahnya apresiasi masyarakat lokal
·
Bersaing dengan pesaing dari luar negeri
·
Biaya investasi masih rendah
·
Perkembangan teknologi dan digitalisasi
KESIMPULAN DAN SARAN
Setelah mengetahui
berbagai hal terkait industri kreatif, dapat disimpulkan bahwa mengeksplorasi
ide dan kreativitas dari setiap individu merupakan hal penting. Hal itu karena
sumber daya manusia dengan ide-ide yang kreatif sangat dibutuhkan untuk dapat
menjalankan segala proses produksi dalam sektor-sektor industri kreatif.
Sebagai individu yang dinamis, kita dituntut untuk dapat mengeksplorasi ide
tanpa batas, pasalnya industri kreatif ini akan terus-menerus berkembang
mengikuti zaman dan harus tetap didukung oleh hadirnya sumber daya manusia yang
kompatibel.
DAFTAR PUSTAKA
Aruna Citra Dewi Kartini. (2022). Peluang dan
Tantangan Industri Kreatif dalam Era Digitalisasi.
Nisfa Qhoriany. (2022). Era Global Melahirkan Industri
Kreatif yang Menguntungkan Perekonomian Dunia.
No comments:
Post a Comment