Thursday, May 30, 2024

Analisis Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan diIndonesia

 Ahmad Haris Maulana Hidayat41221010053

Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Arsitektur, Universitas Mercu BuanaAiezzmaulana@gmail.com


Mapping




Abstrak

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan mata pelajaran penting dalam membentuk karakterdanjatidiribangsaIndonesia.KurikulumPKndiIndonesiatelahmengalamibeberapakaliperubahanseiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan bangsa. Artikel ini bertujuan untuk menganalisiskurikulum PKn di Indonesia, mulai dari sejarah perkembangannya, tujuan, materi pembelajaran,hinggastrategi pelaksanaannya.

PendidikanKewarganegaraan(PKn)merupakanmatapelajaranpentingdalammembentukkarakterdanjatidiribangsa Indonesia.expand_more Kurikulum PKn di Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan seiringdengan perkembangan zaman dan kebutuhan bangsa.expand_more Artikel ini bertujuan untuk menganalisiskurikulumPKndiIndonesia,mulaidarisejarahperkembangannya,tujuan,materipembelajaran,hinggastrategipelaksanaannya.



Katakunci:KurikulumPancasila,KarakterBangsa,PendidikanMoral


Pendahuluan

Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan mata pelajaran wajib di semua jenjang pendidikan diIndonesia.PKnbertujuanuntukmembekalipesertadidikdenganpengetahuan,keterampilan,dannilai-nilai yang diperlukan untuk menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab. Kurikulum PKndi Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan seiring dengan perkembangan zaman dankebutuhanbangsa.

PendidikanKewarganegaraan(PKn)merupakanmatapelajaranwajibdisemuajenjangpendidikandiIndonesia.expand_more PKn bertujuan untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan, dannilai-nilai yang diperlukan untuk menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab. Kurikulum PKn diIndonesia telah mengalami beberapa kali perubahan seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhanbangsa.



Permasalahan


BeberapapermasalahandalamkurikulumPKndiIndonesia,antaralain:


Kurang relevan dengan kebutuhan zaman. Materi pembelajaran PKn masih banyak yang berfokuspada hafalan dan indoktrinasi, sehingga kurang relevan dengan kebutuhan zaman yang dinamis dankompleks.

Kurangnyapenekananpadapendidikankarakter.PelaksanaanPKndisekolahmasihbanyakyangterfokuspadaaspekkognitif,sehinggakurangmemperhatikanpendidikankarakterpesertadidik.expand_more


Strategi pembelajaran yang kurang inovatif. Strategi pembelajaran PKn di sekolah masih banyakyangmonotondankurangmenarik,sehinggapesertadidikkurangantusiasdalammengikutipembelajaran.


Pembahasan


Kurikulum PKn di Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan, mulai dari Kurikulum 1975,Kurikulum1984,Kurikulum1994,Kurikulum2006,hinggaKurikulum2013.Kurikulum2013merupakankurikulumterbaruyangmenekankanpadapendekatansaintifikdanpengembangankarakter.


TujuanPKnmenurutKurikulum2013adalahuntuk mengembangkan:


Pengetahuantentangnilai-nilaiPancasila,UUD1945,BhinekaTunggalIka,hakdankewajibanwarganegara,sertademokrasi dan HAM.

Keterampilandalamberpikirkritis,menganalisis,berkomunikasi,danberkolaborasi.

Sikapdannilai-nilaiPancasila,sepertireligius,kemanusiaan,persatuan,kerakyatan,dankeadilansosial.


MateripembelajaranPKn diKurikulum2013 dibagimenjadi5 tema,yaitu:


Tema1:PentingnyaNilai-nilaiPancasila

Tema2:HakdanKewajibanWargaNegara

Tema3:DemokrasidanHAM

Tema4:KearifanLokal

Tema5:KeberagamanSukuBangsa,Agama,danBudayaIndonesia


StrategipembelajaranPKndiKurikulum2013menekankanpadapendekatansaintifik,yaitupembelajaran yang berbasis pada kegiatan ilmiah.expand_more Strategi pembelajaran yang dapatdigunakandalam PKn, antaralain:


Pembelajaranberbasisproyek

Pembelajaranberbasismasalah

Pembelajarankooperatif

Pembelajarankolaboratif


Kesimpulan


Kurikulum PKn di Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan dan terus berkembang untukmemenuhikebutuhanzamandanbangsa.Kurikulum2013merupakankurikulumterbaruyangmenekankanpadapendekatansaintifikdanpengembangankarakter.PentinguntukterusmengevaluasidanmenyempurnakankurikulumPKnagardapatmenghasilkangenerasimudayangcerdas,berkarakter,dan berjiwaPancasila.


Kurikulum PKn di Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan dan terus berkembang untukmemenuhikebutuhanzamandanbangsa.Kurikulum2013merupakankurikulumterbaruyangmenekankanpadapendekatansaintifikdanpengembangankarakter.

danmenyempurnakankurikulumPKnagardapatmenghasilkangenerasimudayangcerdas,berkarakter,dan berjiwaPancasila.




Saran


BeberapasaranuntukmeningkatkankualitaskurikulumPKndiIndonesia,antaralain:


MelakukanpemutakhiranmateripembelajaranPKnsecaraberkalaagarrelevandengankebutuhanzaman.

MeningkatkanpenekananpadapendidikankarakterdalampembelajaranPKn.

MengembangkanstrategipembelajaranPKnyanginovatifdanmenarik bagipesertadidik.

MeningkatkankompetensiguruPKnmelaluipelatihandanseminar.

MelakukansosialisasikurikulumPKnkepadaorangtuadanmasyarakat.


DaftarPustaka


KementerianPendidikandanKebudayaan.(2013).Kurikulum2013.Jakarta:Kemendikbud.

http://ditsmp.kemdikbud.go.id/pkn/

https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/index

https://www.neliti.com/publications/446795/analisis-materi-pendidikan-dan-kewarganegaraan-pkn-di-sdmi


No comments:

Post a Comment

Membangun Masyarakat yang Beriman, Bertakwa, dan Berakhlak Mulia

 Mind Mapping Abstrak Pembangunan masyarakat yang beriman, bertakwa, dan berakhlak mulia adalah salah satu tujuan utama dalam menciptakan k...