Ahmad Haris Maulana Hidayat41221010053
Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Arsitektur, Universitas Mercu BuanaAiezzmaulana@gmail.com
Mapping
Abstrak
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan mata pelajaran penting dalam membentuk karakterdanjatidiribangsaIndonesia.KurikulumPKndiIndonesiatelahmengalamibeberapakaliperubahanseiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan bangsa. Artikel ini bertujuan untuk menganalisiskurikulum PKn di Indonesia, mulai dari sejarah perkembangannya, tujuan, materi pembelajaran,hinggastrategi pelaksanaannya.
PendidikanKewarganegaraan(PKn)merupakanmatapelajaranpentingdalammembentukkarakterdanjatidiribangsa Indonesia.expand_more Kurikulum PKn di Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan seiringdengan perkembangan zaman dan kebutuhan bangsa.expand_more Artikel ini bertujuan untuk menganalisiskurikulumPKndiIndonesia,mulaidarisejarahperkembangannya,tujuan,materipembelajaran,hinggastrategipelaksanaannya.
Katakunci:KurikulumPancasila,KarakterBangsa,PendidikanMoral
Pendahuluan
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) merupakan mata pelajaran wajib di semua jenjang pendidikan diIndonesia.PKnbertujuanuntukmembekalipesertadidikdenganpengetahuan,keterampilan,dannilai-nilai yang diperlukan untuk menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab. Kurikulum PKndi Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan seiring dengan perkembangan zaman dankebutuhanbangsa.
PendidikanKewarganegaraan(PKn)merupakanmatapelajaranwajibdisemuajenjangpendidikandiIndonesia.expand_more PKn bertujuan untuk membekali peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan, dannilai-nilai yang diperlukan untuk menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab. Kurikulum PKn diIndonesia telah mengalami beberapa kali perubahan seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhanbangsa.
Permasalahan
BeberapapermasalahandalamkurikulumPKndiIndonesia,antaralain:
Kurang relevan dengan kebutuhan zaman. Materi pembelajaran PKn masih banyak yang berfokuspada hafalan dan indoktrinasi, sehingga kurang relevan dengan kebutuhan zaman yang dinamis dankompleks.
Kurangnyapenekananpadapendidikankarakter.PelaksanaanPKndisekolahmasihbanyakyangterfokuspadaaspekkognitif,sehinggakurangmemperhatikanpendidikankarakterpesertadidik.expand_more
Strategi pembelajaran yang kurang inovatif. Strategi pembelajaran PKn di sekolah masih banyakyangmonotondankurangmenarik,sehinggapesertadidikkurangantusiasdalammengikutipembelajaran.
Pembahasan
Kurikulum PKn di Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan, mulai dari Kurikulum 1975,Kurikulum1984,Kurikulum1994,Kurikulum2006,hinggaKurikulum2013.Kurikulum2013merupakankurikulumterbaruyangmenekankanpadapendekatansaintifikdanpengembangankarakter.
TujuanPKnmenurutKurikulum2013adalahuntuk mengembangkan:
Pengetahuantentangnilai-nilaiPancasila,UUD1945,BhinekaTunggalIka,hakdankewajibanwarganegara,sertademokrasi dan HAM.
Keterampilandalamberpikirkritis,menganalisis,berkomunikasi,danberkolaborasi.
Sikapdannilai-nilaiPancasila,sepertireligius,kemanusiaan,persatuan,kerakyatan,dankeadilansosial.
MateripembelajaranPKn diKurikulum2013 dibagimenjadi5 tema,yaitu:
Tema1:PentingnyaNilai-nilaiPancasila
Tema2:HakdanKewajibanWargaNegara
Tema3:DemokrasidanHAM
Tema4:KearifanLokal
Tema5:KeberagamanSukuBangsa,Agama,danBudayaIndonesia
StrategipembelajaranPKndiKurikulum2013menekankanpadapendekatansaintifik,yaitupembelajaran yang berbasis pada kegiatan ilmiah.expand_more Strategi pembelajaran yang dapatdigunakandalam PKn, antaralain:
Pembelajaranberbasisproyek
Pembelajaranberbasismasalah
Pembelajarankooperatif
Pembelajarankolaboratif
Kesimpulan
Kurikulum PKn di Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan dan terus berkembang untukmemenuhikebutuhanzamandanbangsa.Kurikulum2013merupakankurikulumterbaruyangmenekankanpadapendekatansaintifikdanpengembangankarakter.PentinguntukterusmengevaluasidanmenyempurnakankurikulumPKnagardapatmenghasilkangenerasimudayangcerdas,berkarakter,dan berjiwaPancasila.
Kurikulum PKn di Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan dan terus berkembang untukmemenuhikebutuhanzamandanbangsa.Kurikulum2013merupakankurikulumterbaruyangmenekankanpadapendekatansaintifikdanpengembangankarakter.
danmenyempurnakankurikulumPKnagardapatmenghasilkangenerasimudayangcerdas,berkarakter,dan berjiwaPancasila.
Saran
BeberapasaranuntukmeningkatkankualitaskurikulumPKndiIndonesia,antaralain:
MelakukanpemutakhiranmateripembelajaranPKnsecaraberkalaagarrelevandengankebutuhanzaman.
MeningkatkanpenekananpadapendidikankarakterdalampembelajaranPKn.
MengembangkanstrategipembelajaranPKnyanginovatifdanmenarik bagipesertadidik.
MeningkatkankompetensiguruPKnmelaluipelatihandanseminar.
MelakukansosialisasikurikulumPKnkepadaorangtuadanmasyarakat.
DaftarPustaka
KementerianPendidikandanKebudayaan.(2013).Kurikulum2013.Jakarta:Kemendikbud.
http://ditsmp.kemdikbud.go.id/pkn/
https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/index
https://www.neliti.com/publications/446795/analisis-materi-pendidikan-dan-kewarganegaraan-pkn-di-sdmi
No comments:
Post a Comment