Thursday, May 30, 2024

Analisis Peran Guru dalam Pendidikan Kewarganegaraan

Analisis Peran Guru dalam Pendidikan Kewarganegaraan Berpengaruh Terhadap Pembentukan Karakter

Oleh :
Karina Tri Hapsari (46123010018)

Program Studi Psikologi. Fakultas Psikologi. Universitas Mercu Buana.






Abstrak

    Pendidikan kewarganegaraan penting dalam membentuk karakter warga negara yang memiliki kesadaran dan komitmen terhadap nilai-nilai demokrasi. Keberhasilan Pendidikan Kewarganegaraan tidak hanya tergantung pada pemahaman teori dalam buku, tetapi juga pada perubahan sikap siswa. Pada saat ini di dalam dunia pendidikan, tugas seorang guru tidak hanya menjadi pengajar saja, tetapi sebagai , mendidikan moral, etika dan karakter  siswanya. Untuk membentuk karakter siswa, pendidik perlu memberikan contoh perilaku yang baik dan menjadi panutan bagi siswanya. Dalam hal ini guru berperan penting  untuk melatih siswa untuk berpikir kritis, kreati, inovatif, dan bertindak demokratis, serta mengajarkan kedisiplinan kepada siswa dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian artikel ini menganalisis peran guru dalam Pendidikan kewarganegaraan.

Kata Kunci: Pendidikan kewarganegaraan, Peran Guru, Karakter

 

Pendahuluan

   Pendidikan berperan penting dalam kemajuan bangsa dan negara. Kemajuan suatu negara dilihat dari baiknya pendidikan di negara tersebut, karana semangin baiknya pendidikan di suatu negara tersebut maka dapat menghasilkan sumber manusia yang  berkualitas. Pendidikan menurut UU No. 20 Tahun 2003 adalah usaha sadar dan terencana untuk mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, dan keterampilan yang diperlukan untuk diri sendiri, masyarakat, bangsa, dan negara. Pendidikan bertujuan untuk melatih dan mengembangkan kemampuan dan membentuk watak kepribadian yang dimiliki oleh siswa agar menjadi lebih baik.

   Definisi dari Pendidikan Kewarganegaraan menurut Zamroni dalam (Budiutomo, 2013) yaitu Pendidikan demokrasi yang ditujukan untuk mempersiapkan masyarakat agar dapat mempunyai pikiran yang kritis dan juga dapat bertindak demokratis. Sementara (Syam, 2011) mengemukakan pendapat bahwa Pendidikan Kewarganegaraan adalah pendidikan mengenai nilai-nilai yang lebih ditekankan kepada pembentukan dan pengembangan sikap. Pendidikan kewarganegaraan adalah bagian integral dari sistem pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan kesadaran dan komitmen siswa terhadap nilai-nilai dan prinsip-prinsip demokrasi. Pendidikan Kewarganegaraan memberikan kontribusi untuk membangun siswa yang sadar akan jati diri.

  Pendidikan kewarganegaraan penting dalam membentuk warga negara yang bertanggung jawab dan aktif dalam kehidupan demokratis. Guru memiliki tanggung jawab besar dalam mencapai tujuan ini dan artikel ini menganalisis peran guru dalam Pendidikan Kewarganegaraan  mengidentifikasi tantangan, dan memberikan saran untuk meningkatkan peran tersebut.

 

Permasalahan

   Pada saat ini pendidikan di Indonesia memiliki berbagai tantangan, salah satunya kurangnya metode pembelajaran yang efektif, dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan saat ini hanya fokus pada pengetahuan saja, sementara aspek afektif hal yang berkaitan dengan proses pembentukan karakter siswa cenderung diabaikan. Permasalahan ini menghalangin guru dalan menjalankan perannya secara optimal. Dengan demikian penelitian ini membahas peran guru dalam pendidikan kewarganegaraan dan pembentukan karakter warga negara melalui analisis nilai-nilai demokrasi yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari siswa.

 

Pembahasan

   Guru memiliki peran penting dalam membantu  membentuk moral, etika dan  karakter siswa, memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan sehari-hari. Guru dapat mengajarkan nilai-nilai tersebut secara langsung dan tidak langsung melalui bahan pembelajaran dan aktivitas kelas. Dalam proses pembelajaran ini guru mengajarkan materi tentang Bhineka Tunggal Ika dan Pancasila, yang dimana Bhineka Tunggal ika memiliki konsep mengajarkan tentang meningkatan kesatuan dalam keberagaman, lalu menerapkan sikap-sikap yang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Pendidikan Kewarganegaraan  diharapkan dapat mampu membuat siswa yang memiliki karakter yang baik.  Dalam konteks ini, peran guru menjadi sangan penting. Berikut adalah analisis mengenai peran guru dalam pendidikan kewarganegaraan:

1.       Membentuk moral dan etika .

Guru memiliki tanggung jawab penuh dalam menanamkan nilai moral dan etika kepada siswa.

2.       Menyebarkan nilai-nilai demokrasi.

Guru mengajarkan nilai-nilai demokrasi kepada siswa melalui partisipasi aktif.

3.       Pembelajaran aktif

Metode pembelajaran aktif seperti pembelajaran kooperatif digunakan oleh guru dalam pendidikan kewarganegaraan.

4.       Model perilaku

Guru sebagai model perilaku penting dalam menunjukkan nilai-nilai kewarganegaraan yang baik.

5.       Penyedia wawasan.

Guru harus menyajikan informasi secara obyektif dan seimbang, memberikan wawasan luas tentang peran warga negara dalam masyarakat.

6.       Pengembangan kemampuan sosial

Kemampuan sosial seperti komunikasi, kerjasama, dan penyelesaian konflik dikembangkan melalui pendidikan kewarganegaraan. Guru dapat mendorong siswa untuk bekerja sama dalam kelompok dan berpartisipasi dalam kegiatan yang melibatkan interaksi sosial.

Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa guru tidak hanya bekerja sebagai pengajar semata tetapi mereka memiliki banyak peran, seperti: Membentuk moral dan etika, menyebarkan nilai-nilai demokrasi, penyedia wawasasan, pengembangan kemampuan sosial, pembimbing dan motivator.

 

Kesimpulan

   Peran guru dalam mengajar Pendidikan Kewarganegaraan sangat penting dalam membentuk karakter peserta didik sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Guru harus memiliki kemampuan dan keterampilan yang sesuai untuk mengajar mata pelajaran tersebut. Guru diharapkan dapat mengacu pada tujuan pembelajaran dan menekankan implikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, generasi bangsa yang cerdas dan bermoral dapat tercipta.

 

Saran

   Penelitian ini memberikan saran untuk meningkatkan peran guru dalam pendidikan kewarganegaraan, yaitu dengan meningkatkan kemampuan guru, merancang program pendidikan yang efektif, dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kesadaran dan nilai-nilai demokrasi.

 

Daftar Pustaka

Budiutomo, T. (2013). Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Bangsa. Academy Of Education Journal, 4(1).

Syam, N. (2011). Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn Di Sekolah Dasar Melalui Model Pengajaran Bermain Peran. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 24(3), 108-112.

Cahyani Karina, Dinie Anggraeni Dewi. (2021). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Karakter Perserta Didik Agar Menciptakan Siswa Yang Berkualitas. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2).

 

 

 



No comments:

Post a Comment

PRESENTASI PANCASILA (5)

PRESENTASI PANCASILA (5) Jum'at, 18 Oktober 2024