Penulis : Dinda Damarisa Anggadewi
(dindadam112@gmail.com)
Tantangan dan Dampak Globalisasi Terhadap Pendidikan
Pendahuluan
Menurut
asal katanya, “globalisasi” diambil dari kata “global” yang artinya mendunia.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, globalisasi berarti proses masuknya ke
ruang lingkup dunia. Globalisasi pada hakikatnya adalah suatu proses dari
gagasan yang dimunculkan, kemudian ditawarkan untuk diikuti oleh bangsa lain
yang akhirnya sampai pada suatu titik kesepakatan bersama dan menjadi pedoman
bersama bagi bangsa-bangsa di seluruh dunia (Edison A. Jamil, 2005).
Globalisasi membawa perubahan dalam berbagai aspek, baik pendidikan, ekonomi,
sosial, dan lain-lain. Perubahan global membawa perubahan didalam pengelolaan
hidup dan masyarakat termasuk dalam bidang pendidikan.
Pendidikan
adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya
untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya,
masyarakat, bangsa dan negara (UU No.20 Tahun 2003 Pasal 1:1). Kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi yang disertai dengan semakin kencangnya arus
globalisasi dunia membawa dampak tersendiri bagi dunia pendidikan. Globalisasi pendidikan
dilakukan untuk menjawab kebutuhan pasar akan tenaga kerja berkualitas yang
semakin ketat.(Pengaruh Globalisasi Terhadap Dunia Pendidikan, 2015).
Permasalahan
Pendidikan di tengah era global
memegang peran penting karena pendidikan adalah suatu investasi. Pendidikan
merupakan investasi individu, masyarakat, maupun bangsa dan Negara karena
produk dari pendidikan sangat diperlukan bagi kelangsungan dan percepatan
pembangunan. Di masa globalisasi ini, pendidikan memiliki tantangannya sendiri.
Selain itu, globalisasi memiliki dampak terhadap dunia pendidikan baik itu
dampak yang negatif maupun yang positif.
Tantangan
Pendidikan di Masa Globalisasi
Beberapa
tantangan pendidikan di masa globalisasi :
a) Kualitas
pendidikan. Pendidikan nasional akan menghadapi situasi kompetitif yang sangat
tinggi, karena harus berhadapan dengan kekuatan pendidikan global.
b) Profesionalisme
tenaga kependidikan dalam kegiatan pendidikan. Tenaga kependidikan dituntut
untuk dapat memahami teknologi dan informasi yang berkembang di era globalisasi
untuk menyesuaikan dengan keadaan dan menghasilkan sumber daya manusia yang
berkualitas.
c) Kebudayaan
dan akulturasi merupakan hal yang tidak dapat dihindari di era globalisasi.
Akulturasi dapat membawa dampak negatif bagi kebudayaan, moral, dan akhlak anak
bangsa. Pendidikan diharapkan dapat memfilter budaya yang masuk agar tidak
membawa dampak negatif bagi bangsa.
Dampak
Positif Globalisasi Bagi Pendidikan
a) Perubahan
Pola Pengajaran
Kemajuan
teknologi merubah pola pengajaran pada dunia pendidikan. Pengajaran yang
bersifat klasikal berubah menjadi pengajaran yang berbasis teknologi baru
seperti internet dan komputer.
b) Meningkatnya
kualitas pendidik
Kemudahan
mengakses informasi di era globalisasi ini sebaiknya dapat dimanfaatkan dengan
baik oleh para pendidik untuk mencari informasi terkait pendidikan untuk
kemudian diterapkan.
c) Mendorong
Murid Untuk Berinovasi
Perkembangan IPTEK pada era globalisasi bagi
sebuah instansi pendidikan seharusnya dapat dimanfaatkan untuk mendorong murid
agar dapat menciptakan suatu karya yang inovatif.
a) Komersialisasi
Pendidikan
Banyak sekolah-sekolah
yang didirikan dengan tujuan utama sebagai media bisnis. Hal ini mengancam
kemurnian dalam pendidikan. John Micklethwait menggambarkan sebuah kisah
tentang pesaingan bisnis yang mulai merambah dunia pendidikan dalam bukunya
“Masa Depan Sempurna” bahwa tibanya perusahaan pendidikan menandai pendekatan
kembali ke masa depan. Salah satu ciri utamanya ialah semangat menguji murid
ala Victoria yang bisa menyenangkan Mr. Gradgrind dalam karya Dickens.
b) Bahaya
Dunia Maya
Dunia maya dapat diakses
dengan mudahnya dapat membawa dampak negatif bagi siswa. Berbagai macam materi
yang berpengaruh negatif bertebaran di internet, misal pornografi, kebencian,
rasisme, kejahatan, kekerasan, dan sejenisnya.
c) Menurunnya
Kualitas Moral Siswa
Informasi di internet yang dapat diakses secara leluasa sangat rawan
dalam mempengaruhi moral siswa, sebagai contoh situs-situs yang berbau
pornografi, serta adanya foto dan video yang tidak pantas sangat mudah diakses
dan merajalela di media sosial tanpa adanya filterisasi. Adanya konten-konten
yang tidak baik tersebut bisa mempengaruhi perilaku siswa baik secara langsung
maupun tidak langsung. Maka dari itu, agar moral siswa tidak semakin rusak
diperlukan kontrol dan perhatian dari orang tua siswa, guru dan negara.
d) Meningkatnya Kesenjangan Sosial
Metode pendidikan berbasis teknologi bisa menjadi kesempatan bagi sebuah negara untuk meningkatkan pendidikannya, namun nyatanya kemajuan teknologi dan informasi di dunia pendidikan perlu dibarengi dengan kesiapan mental dan modal yang tentunya tidak sedikit. Di beberapa negara di dunia khususnya negara berkembang, perkembangan teknologi hanya bisa dinikmati sekolah-sekolah di wilayah perkotaan, sementara sekolah yang berada di wilayah pedalaman terus tertinggal karena sulitnya akses dan kurangnya modal.
Kesimpulan
Globalisasi adalah suatu proses tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak mengenal batas wilayah. Globalisasi membawa perubahan dalam berbagai aspek yang salah satu aspeknya adalah pendidikan. Perubahan dalam pendidikan akibat globalisasi membawa tantangan seperti, kualitas pendidikan, peofesionalisme tenaga kependidikan dalam kegiatan pendidikan, dan kebudayaan dan akulturasi. Globalisasi juga memiliki dampak positif dan negatif bagi dunia pendidikan.
Daftar Pustaka
Kalbin Salim, M. P. (2015). PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP DUNIA PENDIDIKAN.
Lestari, S.
(2018). PERAN TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN DI ERA.
Listiana, Y. R. (2021). Dampak Globalisasi Terhadap Karakter Peserta Didik dan Kualitas.
Oktarina, N.
(n.d.). Peranan Pendidikan Global dalam Meningkatkan Kualitas Sumber.
Prof. Dr. Syaiful
Bakhri, S. M. (2018). PENDIDIKAN GLOBAL DAN GLOBALISASI PENDIDIKAN, Materi
Seminar.
01_Yulfara
ReplyDeleteArus globalisasi semakin cepat dan teknologi semakin canggih, namun sebagai pelajar jangan sampai meninggalkan budaya membaca baik melalui internet, buku dan juga sumber lainnya. Karena dampak negatif dalam hal ini adalah dengan para pelajar mengerjakan tugas dengan bantuan internet tanpa membaca sama sekali dan dengan mudahnya melakukan copy paste tanpa memahami materi, sehingga menurut saya akan menimbulkan lulusan yang kurang berkualitas. Dari segi penulisan, saya melihat tidak adanya bagian abstrak. Karena dengan adanya abstrak dapat mempermudah dan menarik pembaca sebagai penggambaran isi.
02_sheva
ReplyDeletepembahasannya cukup bagus namun tidak dicantumkannya bagian abstrak